Dandim 1613/Sumba Barat Ingatkan Prokes Saat Acara Adat Pasola

Dandim 1613/Sumba Barat Ingatkan Prokes Saat Acara Adat Pasola

Sumba Barat NTT,GlobalInvestigasinews.Com-Personel Kodim 1613/Sumba Barat bersama anggota Polres Sumba Barat dan Satpol PP Kabupaten Sumba Barat melaksanakan pengamanan acara adat Pasola bertempat di Lapangan Pasola Harotango Desa Gaura Kecamatan Laboya Barat Kabupaten Sumba Barat. Selasa (09/03/2021)

Untuk menjaga ketertiban dan kelancaran acara adat Pasola yang rutin dilaksanakan setiap tahun di tengah suasana pandemi Covid-19, personel Kodim 1613/Sumba Barat bersama anggota Polres Sumba Barat dan Satpol PP Kabupaten Sumba Barat melaksanakan pengamanan dan penerapan Prokes dalam acara tersebut.

Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Irawan Agung Wibowo,S.T,M.Tr(Han) mengatakan, acara adat Pasola perlu mendapat pengamanan pada kondisi pandemi seperti sekarang. Di samping untuk mengatur ketertiban prosesi saling lempar dengan tongkat di lapangan yang merupakan salah satu acara puncak juga berkaitan dengan protokol kesehatan (prokes). Para anggota dilapangan agar mengingatkan masyarakat yang ikut prosesi tetap mematuhi aturan prokes dengan memakai masker, menjaga jarak, serta pengecekan suhu tubuh sebelum mengikuti kegiatan.

Dandim juga menyampaikan bahwa personel dilapangan dalam pengamanan harus bersinergi dengan aparat terkait beserta tokoh masyarakat agar keamanan dan ketertiban dalam pelaksanaan adat Pasola terjamin serta penerapan prokes benar-benar diterapkan sesuai ketentuan “Apabila protokol kesehatan sudah dilaksanakan dengan baik sesuai anjuran pemerintah, penyebaran Covid 19 dapat diminimalisir,” ulasnya. Dandim.

Lebih lanjut Dandim mengatakan “Diharapakan kegiatan ini bisa berjalan dengan tertib aman dan lancar serta tidak mengabaikan Prokes dan aturan yg sudah ditetapkan oleh pemerintah dan kesepakatan bersama,” Ujar Dandim.
(M-Global)