Pelepasan Petugas SDGs Berbasis IDM oleh Pemdes Lubuk Cemara Kecamatan Perbaungan Sergai

oleh -9 views

Pelepasan petugas SDGs berbasis IDM Oleh Pemdes Lubuk Cemara Kecamatan Perbaungan Sergai

Sergai, Global investigasi News com – Sergai – Pemerintah desa Lubuk Cemara kecamatan Perbaungan membentuk team Pendataan Desa Sustainable development goals Desa (SDGs) yang berbasis Umum. Indeks Desa Membangun (IDM).

Indeks komposit yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi Desa. IDM sekaligus team tersebut dilepas langsung oleh PJ Kades Lubuk Cemara Bapak Karimuddin Spd yang di saksikan oleh Para tokoh Agama dan tokoh pemuda serta tokoh masyarakat dan Pendampingan desa kecamatan ataupun lokal. Senin. (19/04/21) pagi.

Di temui media Globalinvestigasinews.com di ruangan kerjanya, Pjs Kades Karimuddin Spd memaparkan” kegiatan pada hari ini di desa Lubuk Cemara ada Dua kegiatan diantaranya adalah” Pelepasan team Pendataan Desa SDGs yang berbasis IDM” jelasnya Kamaruddin Spd

Pjs kades melanjutkan” SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat (SDGs). SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Tujuan dan Sasaran SDGs DESA adalah: Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut.

Yaitu: Desa tanpa kemiskinan
Desa tanpa kelaparan
Desa sehat dan sejahtera
Pendidikan desa berkualitas
Desa berkesetaraan gender
Desa layak air bersih dan sanitasi
Desa yang berenergi bersih dan terbarukan
Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa
Inovasi dan infrastruktur desa
Desa tanpa kesenjangan
Kawasan pemukiman desa berkelanjutan
Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan
Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa
Ekosistem laut desa
Ekosistem daratan desa
Desa damai dan berkeadilan
Kemitraan untuk pembangunan desa
Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.
Upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah, karena itulah, penggunaan dana desa 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung pencapaian 10 (sepuluh) SDGs desa yang berkaitan dengan kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa. Adapun 10 SDGs dimaksud dalam situasu dan kondisi Pandemi Covid-19 adalah :

Desa tanpa kemiskinan,
Desa tanpa kelaparan,
Desa sehat sejahtera,
Keterlibatan perempuan desa,
Desa berenergi bersih dan terbarukan,
Pertumbuhan ekonomi desa merata,
Konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan,
Desa damai berkeadilan,
Kemitraan untuk pembangunan desa, dan
Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif ” Jelas Pjs Lubuk Cemara kepada awak media globalinvestigasinews com . dituangkannya
(Ginews Suyanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *