Berita  

Selamat Hari Jadi Koperasi Indonesia

Aceh- Aceh Tamiang- Global Investigasi news co.id- Tahun 1947 pertama sekali melakukan kongres IX ditasik dan disaat itu pula dicetuskan Hari Koperasi dan Hari ini senin (12/07/2021) tepat 74 tahun yang lalu, Koperasi yang menurut Undang-Undang nomor 25 tahun 1992 adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip gerakan ekonomi rakyat berdasarkan asas kekeluargaan.

“Sejarah koperasi telah hadir sejak abad ke-20, dimulai dari usaha kecil yang dilakukan oleh rakyat kecil pula dan di tahun 1908, Dr. Sutomo yang punya peran penting terhadap koperasi mendirikan Budi Utomo. Kemudian, pada tahun 1915 munculah peraturan tentang koperasi, selanjutnya di tahun 1927, dibentuk Serikat Dagang Islam untuk memperjuangkan kedudukan ekonomi pengusaha pribumi. Setelah itu tahun 1929, Partai Nasional Indonesia memperjuangkan penyebaran koperasi di Indonesia.

“Jepang yang menjajah Indonesia pada tahun 1942, mendirikan koperasi yang bernama Kumiyai dan tepatnya tahun 1947 setelah Indonesia merdeka, gerakan koperasi di Indonesia mengadakan kongres koperasi IX di Tasik, saat itu dicetuskanlah Hari Koperasi Nasional di tanggal 12 Juli.

“Koperasi memiliki prinsip tersendiri yaitu, keanggotaannya bersifat sukarela dan terbuka, dikelola secara demokratis,
pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU) dilakukan dengan seadil-adilnya dan juga sebanding.

“Adapun kutipan berdasarkan Undang-Undang nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian, diantaranya membangun, lalu mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi juga sosialnya. Berperan serta secara aktif dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan masyarakat. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai guru utamanya.
Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan serta demokrasi ekonomi.

Amnurdani selaku Ketua Koperasi Berkah Wartawan Indonesia, hanya mampu mengucapkan Selamat Hari Koperasi ke-74. Tidak ada yang mampu menjadi kebanggaan, namun sesungguhnya banyak hal yang salah telah kami lakukan untuk bangkitkan perkoperasian,”jelasnya.

“Berbicara kadang tak sama dengan perbuatan, yang paham dan mengerti, bimbing kami agar paham tentang Koperasi. Sehingga kami tak hanya mampu membuat, tapi bisa mengelola. Semoga di Hari Koperasi ini, jika memang ada yang terbaik, tunjukkanlah kalau engkau cukup layak menjadi contoh,” ungkapnya penuh cemas, saat memberikan arahan kepada para Manager Unit yang berlangsung di kafe Coklat Kecamatan Karang Baru.(E/RE).