Giat PLN Bangko, Antisipasi Gangguan Kelancaran Distribusi Listrik

JAMBI– MERANGIN– GINEWS TV INVESTIGASI — Terkait dengan keluhan yang di alami oleh masyarakat masalah listrik seringkali padam tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Minggu (25/07/2021).

Seperti halnya yang dilakukan oleh PLN Bangko dengan mengadakan kegiatan rutin terjadwal rabas pembersihan dan pemeliharaan jaringan tanam tumbuh yang berada di lintasan jaringan listrik. Yang saat ini rutenya dari kota Bangko ke arah Pamenang. Yang dengan terpaksa dilakukan pemadaman aliran listrik nya.

Biar kita tidak salah paham..
Kenapa Listrik kita (PLN) sering mati.
Ada 2 faktor :

  1. Padam Terencana yg sudah di rencanakan pihak PLN utk pemeliharaan dan perbaikan.
    Sering masyarakat bilang pemeliharaan terus tidak sudah² ? (Betul) pemeliharaan jaringan kita tidak akan habis-habisnya, selagi masih ada tanam tumbuh yg mengganggu jaringan PLN yg mengakibatkan faktor terbesar sering terjadinya gangguan pohon (konsleting).
  2. Padam Tidak terencana terjadi karna gangguan Exsternal, seperti gangguan Alam,pohon roboh,tiang patah,hewan kesentrum.
    Sering juga masyarakat bilang tidak ada hujan dan angin cuaca bagus Listrik sering Padam ? (Betul) salah satu faktor yg seperti ini adalah gangguan hewan,tupai, monyet,Kukang dan lainnya.

Dan sering juga kita mendengar masyarakat mengeluh “orang Kafir orang PLN ini” pada saat waktu Maghrib tiba PLN Padam ? Kami jelaskan kami bukan orang “Kafir” kami juga mau ibadah,yang sering terjadi hal seperti ini pas di waktu sore/magrib adalah hewan (Monyet,tupai) yg aktivitas nya kembali ke kelompok mereka pas di waktu sore/magrib binatang tersebut melintasi kabel PLN dan terjadi (kesentrum)

Dari pantauan media Ginews TV Investigasi, Faktor yang paling terbesar adalah tanam tumbuh yg mengganggu jaringan PLN selama ini.
Kalau tanam tumbuh jauh dari jaringan gangguan alam itu kecil kemungkinan terjadi dan juga selama membikin akses tempat jalan nya hewan hewan tersebut.

Tebang saja , mau nya kami kita tebang agar lebih maksimal dan efektif tidak berulang-ulang itu saja yang kita bersihkan..
Masih banyak masyarakat kita yg tidak ingin perubahan yang lebih bagus lagi dan lancar pasokan listrik untuk di desa mereka,

Mereka masih sayang dengan tanam tumbuh nya .Tapi mereka tidak sayang dengan jiwa keselamatan keluarga dan masyarakat di sekitar pohon tersebut apabila dahan nya sudah mengenai jaringan PLN (JTM) itu bisa mengakibat “Cacat total maupun Meninggal”

Dari masyarakat yang terdampak jalur jaringan ada tanggapan positif.
” Alhamdulillah dengan adanya giat PLN untuk trabas tanam tumbuh ini, karena kami takut kalau hujan angin tanaman kami dekat kabel jaringan” ucap Rudi yang salah satu pohon di robohkan oleh team rabas PLN.

“Berpikirlah kita bersama-sama untuk perubahan yg lebih baik lagi kedepan utk daerah kita , Kami tidak memberikan janji ,Tapi kami akan memberikan bukti” ucap Julifan Ferdana sebagai pengawas, yang akrab di panggil Bang Ivan

“Dengan syarat PLN dan Masyarakat selalu bersinergi untuk kita tuntaskan tanam tumbuh yg selama ini menggangu utk kita tebang/bersihkan” tambahnya.

Saat Media Ginews TV Investigasi menghubungi Kepala PLN Bangko Zera fetrizon untuk klarifikasi terkait dengan giat ini, belum tersambung.

(Karlan)