Kapolres AKBP Irwan Andy Purnamawan, SIK dan Ketua LPKNI Kab. Merangin H. Sukarlan beserta Petani Melaksanakan Panen Raya Ubi Porang di Desa Bedeng Rejo

  • Bagikan

JAMBI–MERANGIN–Ginews tv Investigasi–Melaksanakan panen raya ubi Porang di desa Bedeng Rejo Kec. Bangko Barat Kab. Merangin yang beberapa bulan lalu menjadi tempat percontohan oleh Polres Merangin untuk mengangkat perekonomian masyarakat dan sebagai upaya untuk pemulihan ekonomi nasional dimasa pandemi Covid19 saat ini.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Merangin menyampaikan bahwa kegiatan ini sudah dilaksanakan sekitar 6 bulan yang lalu dan bekerjasama dengan LPKNI Kab. Merangin dalam rangka untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional dengan cara menciptakan kegiatan ekonomi kreatif melalui uji coba penanaman ubi porang di sela sela tanaman pohon karet milik warga dan Alhamdulillah hasilnya sangat memuaskan dan diharapkan kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi daerah lain untuk melakukan kegiatan serupa.

Petani Porang Sdr. Suwignyo dari desa Bedeng Rejo menjelaskan bahwa untuk uji coba pertama kali ini ianya baru bisa menanam dengan luas hanya seperempat hektar dengan jumlah tanaman porang sebanyak 5000 (lima ribu) batang, dalam waktu 6 bulan bisa memanen hasil rata rata 2,5 kg per batang dengan harga Rp. 7500 per kilonya sehingga bisa meraih keuntungan bersih Rp. 37.500.000,-, sedangkan untuk modal awal dan biaya operasionalnya sudah bisa kembali dengan cara menjual katak / benihnya dengan harga Rp. 250.000,- /Kg, sehingga penanaman porang ini dirasakan sangat membantu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di masa sulit ini.
Kegiatan selesai Pukul 14.00 Wib (Romi)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: