“Hama Belalang Mengepung Kota Waingapu Beserta Seluruh Daerah Sumba Timur !?”

  • Bagikan

Sumba Timur NTT, GlobalInvestigasinews.com Tanggal 3- Agustus 2021, Belalang yang menyapu persawahan dan perkebunan di pedesaan Kangeli,Kecamatan Lewa Tidahu, kabupaten Sumba Timur membuat para petani seperti Marten R.Tay tak hanya kehilangan panen,tapi juga menghadapi masalah lingkungan dan kesehatan.

Serangan hama belalang ini lebih dari cobaan biasa. Ini adalah permasalahan hidup karena telah membuat kami sebagai petani kebingungan karena hasil petani tahun ini tidak memuaskan dibandingkan tahun-tahun kemarin,”jelas Marten

Masyarakat mengeluh dengan kurangnya penghasilan pertanian tahun ini,dan belalang mulai masuk pada bulan april dikecamatan lewa sampai pada bulan mei,asal belalang dari waingapu turun kesini juga dari sumba tengah naik kesini”Tutur Marten”.

Menurut Marten bahwa belalang masuk langsung bertelur tidak lama lagi menetas.

Kata Marten menuturkan, khusus untuk hama belalang yang menyerang tanaman pertanian warga,sudah ditangani oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Timur.

Marten mengatakan pemerintah daerah kabupaten sumba timur melakukan sejumlah langkah teknis untuk membantu penanganan hama belalang yang telah ditetapkan sebagai hama tanaman yang merusak seluruh hasil pertanian.”Pangkas Marten”

Siprianus Pati Mone,SH/Global

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: