PD IWO dan LMP Muba Fasilitasi Warga Hibahkan Tanah Untuk SMKN di Baru Jaya

MUBA – Alangkah Mulianya warga desa Baru Jaya, kecamatan Jirak Jaya, kabupaten Musi Banyuasin ini, yang rela menghibahkan Tanahnya untuk pembangunan Fasilitas Sekolah Menengah Kejuruan yang selama ini khususnya 2 kecamatan yaitu Sungai Keruh dan Jirak Jaya belum memiliki Sekolah Berlabelkan Kejuruan.

Tepatnya Sugeng (56) Warga desa Baru Jaya, kecamatan Jirak Jaya ini sangat mulia dan rela lahan miliknya yang berisikan tanaman Karet untuk dihibahkan kepada Pemprov Sumsel agar segera dibangunkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang notabennya belum dimiliki terkhusus diwilayah kecamatan Sungai Keruh dan Jirak Jaya.

Lahan seluas 2 Hektar lebih ini terletak di perbatasan tugu kecamatan Jirak Jaya dan Sungai Keruh. Diketahui sebelumnya, untuk mencapai Sekolah anak-anak yang berasal dari 2 kecamatan ini harus bersekolah menempuh jarak jauh, apalagi minat untuk duduk di bangku SMK selaras dengan Program Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin tentang penyerapan Tenaga Kerja Lokal.

Menurut Sugeng, Lahan ini sebelumnya memang ingin saya hibahkan, mendengar di daerah kita khususnya tidak ada Sekolah Menengah Kejuruan, maka saya berinisiatif bersama Pemerintah Kecamatan untuk mengurus Hibah Tanah ini agar segera diusulkan kepada Pemprov Sumsel untuk dibangun SMK.

” Apalagi di daerah kami ini, khususnya anak-anak yang ingin menempuh jenjang SMK sulit karena tidak ada, yang ada hanya SMA Sederajat. Maka dari itu saya sangat senang apabila dilahan saya dapat dipergunakan untuk amalan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat 2 kecamatan,” ujar Sugeng didampingi PJ Kepala Desa Baru Jaya Edward Lakasi SE MSi dan Kasi Pemerintahan Arif Budiman SPd MSi ketika Survei Lokasi bersama PD IWO Muba dan LMP Marcab Muba, Senin (27/9/2021).

Dijelaskan Sugeng, adapun hal-hal lainnya, lahan yang saya miliki ini adalah benar-benar milik saya, yang berisikan Tanama Karet berumur 5 Tahun, saya berharap dapat bermanfaat bagi orang banyak, apalagi ini dipergunakan untuk membangun sarana Sekolah yang belum ada di kecamatan kami.

” Tidak untuk kami, akan tetapi dapat bermanfaat bagi regenerasi kami selanjutnya, apalagi ketika dapat segera dibangun pada tahun 2022 mendatang, aspeknya sangat kami harapkan untuk segera terealisasi,” ungkapnya.

Sementara itu Ali warga Tebing Bulang ketika dimintai tanggapan terkait dukungan pembangunan SMK di 2 kecamatan ini mengatakan, kami sangat mendukung dan bangga apabila dapat terealisasi dengan baik, apalagi sudah ada yang ingin menghibahkan lahan.

” Kami sangat mendukung, dan kami berharap agar dapat terealisasi, mengingat jika harus menempuh Persekolahan untuk duduk di Bangku Sekolah Menengah Kejuruan, anak-anak di daerah kami rata-rata banyak yang ngekost, biayanya juga sangat besar. Kalau benar terealisasi ini sudah mengurangi beban anak-anak yang tak harus menempuh sekolah dengan jarak yang jauh,” ungkap Ali dengan penuh harap dan Apresiasi.