Manfaatkan Hujan, Sektor 7 Satgas Citarum Siapkan Pembibitan Tanaman

Kab. Bandung,- Di wilayah Sektor 7 hujan hampir terjadi setiap hari. Tentunya dengan datangnya hujan bisa jadi wilayahnya berdampak banjir atau bisa juga wilayahnya menjadi berkah. Wilayah Sektor 7 Satgas Citarum yang wilayahnya dari Jembatan Dayeuhkolot Kecamatan Dayeuhkolot sampai dengan Jembatan Cilampeni Kecamatan Katapang memanfaatkan bantaran Sungai Citarum untuk kegiatan bercocok tanam atau berkebun. Dan sudah berulang-ulang dirasakan hasil panennya oleh anggota Sektor sendiri bahkan warga masyarakat yang tinggal sekitar bantaran sungai. Kali ini dengan memanfaatkan hujan, jajaran Sektor 7 melaksanakan kegiatan penyemaian dan pembibitan tanaman di Sub Sektornya masing-masing.

Sesuai arahan Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano kepada para Dansub Sektor 7 bahwa hujan terjadi hampir setiap hari oleh karenanya manfaatkan hujan ini untuk melakukan penyemaian dan pembibitan tanaman di Sub Sektor nya masing-masing.

Penyemaian dan pembibitan bisa tanaman apa saja baik tanaman kayu, tanaman buah, tanaman sayuran dan lain-lain. Dengan memanfaatka air hujan maka tanaman akan menjadi subur dan segar. Dalam melaksanakan kegiatan pembibitan perlu adanya langkah-langkah seperti menyiapkan wadah dan masukan tanah ke dalam wadah, membuat lubang sedikit di tanah, memasukan biji atau bibit ke tanah lalu tutup biji dengan tanah dan menyiram serta menunggu sampai tanaman tumbuh dan berkembang.

Seperti yang terlihat di Sub Dayeuhkolot melaksanakan kegiatan penyemaian dan pembibitan cabe, terong dan mangga. Sub Cangkuang melaksanakan kegiatan penyemaian dan pembibitan cabe. Sub Andir melaksanakan kegiatan penyemaian dan pembibitan katuk dan kelor. Sub Rancamanyar melaksanakan kegiatan penyemaian dan pembibitan jahe, jati, pepaya dan kelor. Sub Sukamukti melaksanakan kegiatan penyemaian dan pembibitan mahoni. Apapun yang dilakukan anggota Sektor 7 Satgas Citarum pada dasarnya tulus dan iklas untuk meningkatkan ketahanan pangan yang berada di wilayah Sub Sektor nya masing-masing yang nantinya bersama-sama dari hasil pembibitan tadi untuk ditanam, dirawat sampai dengan memetik hasil panen nya bersama-sama warga masyarakat sekitar bantaran sungai. (Pendam III/Siliwangi).