Tim Puskesmas Petaling Adakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) Dalam Mencari Solusi Masalah Kesehatan Desa

  • Bagikan

Provinsi kepulauan Bangka belitung.

Globalinvestigasi.news.com.
Bangka Induk. Senen.29-11-2021. Musyawarah Masyarakat Desa kace timur dalam beberapa hari yang lalau pada hari Rabu.24-12-2021. di Balai kantor desa kace timur , kecamatan mendo barst kbupaten bangka ,yang mana acara tersebut di selenggarakan oleh pihak Puskesmas petaling kecamatan mendo barat kabupaten bangka, 

Dalam hasil pantauan awak media Globalinvestigasi , Ginews.tv.investigasi.com,viralglobal net ,globalmediatama ,com , terlihat dalam kata sambutan,kepala desa kace timur Amirullah , dalam acara MMD ini, sangat memberi manfaat bagi masyarakat desa kace timur, dalam menemukan solusi masalah kesehatan desa, yang mana masih dalam kondisi saat Covid.19.,dan juga dalam kata sambutan kepala desa kace timur, juga menyampaikan beberapa hal  mengenai BPJS , bagi masyarakat dan disamping itu juga beliau menyampaikan bahwa program BPJS ada program Si jantan , tutur.

Dan disamping itu juga dari pihak puskesmas juga ,dalam kata pembuka awalan mengenai MMD ini ,Bidan Fatmawati. Menyampaikan tujuan MMD itu sendiri ,terutama masyarakat mengenai masalah kesehatan diwilayahnya ,Masyatakat sepakat menanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan desa siaga, Masyarakat menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan melaksanakan desa siaga dan poskesdes dan juga merencanakan masyarakat yang sehat dan sejahtera sehingga meningkatkan IKS masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan itu juga ” pak Rio dari pihak puskesmas petaling juga mengatakan , MMD itu merupakan Pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakat dan para petugas untuk membahas hasil SMD dan merencanakan penanggulan masalah kesehatan yang diperoleh dari SMD. Yang bertujuanya agar masyarakat dapat mengenal dan bersepakat menanggulangi masalah melalui pendekatan desa siaga dan menyusun rencana kerja. Seperti.Penyajian hasil SMD ,penentuan prioritas masalah,menggali potensi ,menyusun rencana kerja berdasarkan potensi.

Menurut hasil survei mawas diri, untuk desa kace timur presentase jumlah yang terdata mencapai 100% sedangkan yang tidak terdata 0% ,Data  sasaran survey Mawas Diri tahun 2021. 
Desa Mendo dengan jumlah 44 kK.  Desa Paya benua 46.KK.Desa Air duren 15 kk, Desa Cingkong Abang 21.kk, Desa Labu.20.kk, Desa Zet.49.kk,Desa kace Timur.50.kk, Desa kace 75.kk,Desa petaling 39.kk, Desa petaling banjar.20.kk, dan Desa kemuja 60.kk, semua itu waktu pelaksaan tahun 2021 ,sehingga jumlah keseluruhan dari11 desa 420.kk.

Maka tujuan SMD, merupakan ,untuk mengumpulkan data ,masalah kesehatan lingkungan dan prilaku.mengaji menganalisis maslah kesehatan ,lingkungan dan perilaku , Menginventarisasi sumber daya masyarakat yang dapat mendukung upaya mengatasi masalah kesehatan.
Serta diperolehnya dukungan kepala desa ataupun kelurahan dan pemuka masyarakat dalam pelaksanaan penggerakan dan pemberdayaan masyarakat.

Dari hasil MMD didesa kace timur setelah usulan usulan dari pertanyaan para peserta unsur dari toko masyarakat  ada 5 prioritas Masalah. Pertama Mengenai BPJS, PSN (sampah) ,Vaksinasi, Covid -19, PKPR serta Germas. 
Dan juga terlihat para peserta juga antusias mengikuti prokes kesehatan dalam acara pertemuaan MMD tersebut.

Dalam kegiatan MMD(Musyawarah  Masyarakat Desa ) Bripka irman O. Bhabinkamtibmas kace timur ,dan Yusman, dari  Babinsa selalu hadir setiap acara pertemuan didesa , yang selalu menganjurkan agar masyarakat untuk tetap mengikuti prokes Covid.19  dan mengikuti vaksinasi. Tegasnya.

Globalinvestigasi.news com.
(Fuad,)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: