Pesta Adat Pasola Di Lapangan Waiha Desa Waiha Kecamatan Kodi Balaghar

Kodi Balaghar SBD NTT,GlobalInvestigasi News.com-Selasa tanggal 22 Maret 2022 pukul 09.00 Wita bertempat di Lapangan Pasola Waiha Desa Waiha Kecamatan Kodi Balaghar Kabupaten SBD telah berlangsung kegiatan Pesta Adat Pasola Tahun 2022 dihadiri oleh 250 orang.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut yaitu”Kapolres SBD (AKBP Sigit Harimbawan,SH.,S.I.K.,M.H),Danramil 1629-02/Kodi (Kapten Inf.Tohir Y.Putra),Para Kapolsek Jajaran Polres Kabupaten SBD,Tomas,Todat dan Toga.

Pukul 09:00 Wita bertempat di Lapangan Pasola Waiha dilaksanakan apel pengamanan pesta adat Pasola dipimpin oleh Kabag Ops Polres SBD.Pesta adat Pasola diawali dengan ritual adat oleh Rato Nyale MATIUS DETA RAYA dan kegiatan Adat Pasola dibuka oleh Rato Nyale,dengan 2 Kubu pasukan berkuda bersenjata lembing kayu (tombak kayu) yang berukuran 1,5 cm, digunakan untuk saling melempar ke arah lawan.Dan pada pukul 10.40 Wita bertempat di Polsek Kodi bangedo dilaksanakan apel pengecekan personel oleh Kabag Ops Polres SBD.

Personel yang terlibat dalam pengamanan Pasola diantara nya”Polres Sumba Barat Daya 1 SST.Kodim 1629/Sumba Barat Daya 1 SST.Polsek Kodi Utara 1 SST.Polsek Kodi 1 SST.Polsek Kodi Bangedo 1 SST.Polsek Loura 1 SST.Polsek Wewewa Barat 1 SST.Polsek Wewewa Timur 1 SST.Polsek Wewewa Selatan 1 SST.

Kegiatan Adat Pasola dilaksanakan setahun sekali dalma rangka melestarikan tradisi dan budaya masyarakat sumba terutama masyarakat adat Kodi yang menjadi salah satu aset wisata Kab. Sumba Barat Daya,kegiatan ini dilakukan oleh masyarakat adat Sumba yang menganut aliran kepercayaan MARAPU dengan menggunakan lembing kayu (tombak kayu) yang berukuran 1,5 cm yang digunakan untuk melempar lawan dari atas kuda yang ditunggangi.

Kegiatan Pasola desa Waiha dilaksanakan sebagai kegiatan pemanasan untuk persiapan kegiatan Pasola yang lebih besar yang akan berlangsung pada hari Rabu tanggal 23 Maret 2022 yang dilaksanakan di desa Wainyapu Kecamatan Kodi Balaghar.

Dalam pelaksanaan pesta adat Pasola berlangsung dengan aman dan lancar serta aparat tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat pengunjung untuk tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19,”imbuh nya

(Global)