TNI Tetap Memberikan Kontribusi Nyata Untuk Masyarakat Seperti Progres Pompa Hydram Kodim 1608/Bima Tahun 2022

 3 total views,  1 views today

Bima NTB,GlobalInvestigasi News.Com-Pompa hidram merupakan instalasi air bersih TNI AD, khususnya di wilayah Kodim 1608/Bima Korem 162/WB Kodam IX / Udayana guna memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya Di Kabupaten  Bima.

Sudah memasuki 3 hari tahapan pembangunan  dari Rencana pembangunan pompa hidram untuk membantu bidang pertanian di dua desa yaitu Desa Monggo dan Desa Ncandi di masing-masing desa 10 pompa. Sehingga lahan pertanian di perkirakan 350 hektar bisa aliri oleh pompa hidram tsb. Lahan yang selama ini tadah hujan bisa  sampai 3 x dlm setahun khususnya Desa Monggo dan Desa Ncandi.

Usai meninjau 25 Maret 2022 , 11 April s.d 13 April 22 Progres pembangunan pompa hidram Kodim Bima sedang berjalan sesuai dengan pentahapan.

Urai Dandim Bima Letkol Inf M.Zia Ulhaq, S.Sos melalui Pelda Herdiyanto bahwa Kodim 1608/Bima pemasangan Pompa I berlokasi di : Desa Monggo kec madapangga  Kab.Bima dengan Progress kegiatan :
a. Pembuatan Bak Primer ukuran 8 x 4 x 2  : 15 %
b. Pembuatan Bak Transit ( Tidak menggunakan bak transit)
c. Pembuatan Rumah Pompa dan Pemasangan Pompa hidram ukuran 6 x 2 x 2 : 0 %
d. Pemasangan Pipa Galvanis dan Bantalan Bak Transit menuju Pompa panjang 24 M : 0%
e. Pemasangan Pipa Sumber Air 0 M : 0%
f. Pemasangan Pipa HDPE :
(1) Dari Pompa Hidram menuju Bak Primer  Jarak 1500 M : 0%

Untuk  Personil yang terlibat  TNI : 10 org, Masyarakat : 12 org dengan hitungan Debit Air : 10 liter/detik, untuk target Luas Lahan Pertanian : 200 Ha dengan  Jumlah Petani : 300 orang, pelaksanaan Sebagai penanggung jawab di desa langsung dibantu oleh Kades Monggo Junaidin H kasim dengan Babinsa Monggo  Serda anwar Koramil 1608- 02 Bolo.

Pelda Herdiyanto juga  menjelaskan di lokasi Pompa  Rabu tgl 13 April 2022 pkl 08.00 wita sampai dengan selesai  melaksanakan Pembuatan pondasi Bak Primer ukuran 8 x 4 x 2 : 15 %, drop bahan ke lokasi pembangunan bak primer untuk Persentase pengerjaan 15%

Di Lain tempat Dandim menjelaskan bahwa Pembuatan Pompa hidram tersebut merupakan murni kerja dan upaya Sinergitas  TNI dalam membantu kesulitan masyarakat untuk kebutuhan air dalam mengolah lahan pertanian di wilayah Madapangga yang selama ini selalu mengalami kekurangan kebutuhan air dalam bertani.

“Intinya TNI tetap memberikan kontribusi yang nyata untuk masyarakat,” Tutup  Dandim kelahiran putra Bima ini.

Ucapan terima kasih disampaikan sejumlah warga Desa Monggo kepada TNI khususnya kepada Pangdam IX / Udayana .

“Kami tidak kenal hujan atau panas, bahkan kerja kebun pun kami tinggalkan untuk membantu TNI sehingga pompa hidram ini cepat kami rasakan manfaatnya,” Ucap Kades Monggo bersama Warganya.

(Global)