SDN 2 Way Jaha Pugung, Gelar Penutupan Pasantren Kilat Ramadhan 1443 H

 3 total views,  2 views today

Tanggamus – Sekolah Dasar Negeri 2 (dua) Way Jaha Kecamatan Pugung, melaksanakan kegiatan penutupan Pesantren Kilat (Sanlat) “Penguatan pendidikan serta pembelajaran Akhlak, Moral dan Agama membentuk karakter islami di lingkungan sekolah, rangkaian kegiatan dilaksanakan di halaman sekolah SDN 2 Way Jaha Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, Kamis (14/04/2022).

Hadir dalam kegiatan penutupan Pasantren Kilat SDN 2 Way Jaha ;
Pengawas Sekolah Nadrawati AS, S.Pd,SD., Ketua KKKS Kecamatan Pugung Farizal, S.Pd., Ketua KKG PAI Andri, M.Pd.I., Ketua PC-PGRI Kecamatan Pugung, Kepala Pekon (Kakon) Way Jaha Hi. Sukisno, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta Tamu undangan, Dewan Guru dan pegawai SDN 1 Way Jaha beserta SDN 2 Way Jaha Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus.

Penguatan pendidikan karakter di sekolah menjadi sebuah program yang harus dijalankan pada era saat ini. “Sekolah tidak hanya mengedepankan aspek akademik dalam pembelajaran, tetapi juga memperhatikan aspek akhlak, moral dan agama.
Pada bulan suci ramadhan momentum penting bagi lembaga pendidikan SDN 2 Way Jaha Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, sebagai media pendidikan pembentukan karakter Religius di lingkungan sekolah bagi para peserta didik.

Kepala Sekolah SDN 2 Way Jaha Hari Purnomo, S.Pd.SD., M.Pd., dalam sambutannya mengatakan Pesantren Kilat Ramadhan1443 Hijriyah ini, merupakan kegiatan yang sangat positif untuk dilakukan dalam rangka membentuk karakter anak-anak kita di sekolah.
Pada era saat ini, pembentukan karakter semakin penting untuk mencegah masuknya Ideologi serta faham-faham yang dapat merusak kehidupan berbangsa. Adapun Tujuan Kegiatan ini adalah :

  1. Menumbuhkan Kepribadian yang Agamis.
  2. Memperluas pengetahuan dan wawasan peserta didik tentang ilmu keagamaan.
  3. Mengembangkan kultur sekolah yang kondusif sebagai tempat proses pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan dan mencerdaskan siswa yang berbudaya dan berkarakter bangsa.
  4. Meningkatnya Kreativitas, Motivasi dan Inovasi dari guru sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya dibidang keagamaan, “ungkapnya.

“Harapan kami semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi anak-anak, walaupun pelaksanaannya singkat namun bisa memberikan yang terbaik, dengan materi-materi yang telah diberikan tentunya akan lebih menambah ilmu pengetahuan anak-anak kita tentang bagaimana tata cara berpuasa, dan yang paling penting dapat membentuk karakter islami anak-anak didik kita, “tutup Kepsek SDN 2 Way Jaha Hari Purnomo, S.Pd,SD,M.Pd.

Ketua Panitia Pelaksana Pesantren Kilat SDN 2 Way Jaha Kecamatan Pugung Umiyati, S.Pd., menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan diisi dengan kegiatan ceramah dan praktek yang menekankan peningkatan iman dan taqwa di kalangan siswa dan siswi nya. Kegiatan-kegiatan Pesantren Kilat (sanlat) ramadhan ini berisi materi-materi yang menarik seperti : Belajar Baca Al Qur’an (BBQ), Murajaah Hafalan Al-Qur’an, Shalat Dhuha, sholat berjamaah, buka puasa, Materi Ramadhan, dan juga Lomba-lomba Hafalan Hadits, Hafalan Do’a, Adzan dan lain sebagainya.
Pesantren Kilat ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari hari Selasa tanggal 12 sampai dengan Kamis tanggal 14 April 2022, yang diikuti oleh siswa dan siswi kelas III sampai kelas VI dengan jumlah 100 peserta.

Pada kesempatan penutupan kegiatan Pesantren Kilat yang dilaksanakan dihalaman sekolah, diisi dengan ceramah agama, pihak sekolah menghadirkan Da’i Jebolan Aksi Indosiar Tahun 2015, yaitu Ustadz Mumuy Abdul Mukti, S.Pd., pembagian piagam dan piala bagi para pemenang lomba, serta di lanjutkan dengan melaksanakan buka bersama.(AWPI/Heri Apriyanto).