“PT. Nafasindo PHK Sepihak Karyawan, Dinas Transmigrasi Dan Tenaga Kerja Layangkan Surat ?!”

 1 total views,  1 views today

SINGKIL – GlobalinvestigasiNews.id
Diduga, akibat Mogok Kerja beberapa waktu lalu, PT Nafasindo Lakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak,

Ada 10 karyawan, yakni Habuddin TP dan kawan-kawan terancam di PHK karena sebelumnya telah melakukan mogok kerja.

Mereka dalam wadah Serikat Federasi Pekerja Metal Indonesia (SFPMI) dipimpin Habuddin TP mogok kerja karena menuntut perusahaan lakukan pemotongan upah buruh secara semena mena.

Menindak lanjuti persoalan itu, Kepala dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Aceh Singkil melayangkan surat Kepada PT Nafasindo, dengan Nomor :560/270/2022 perihal, pemenuhan hak-hak pekerja Atas Nama. Habuddin TP dan kawan-kawan yang masih dalam proses Hubungan Industri (Hi), Senin 18 April 2022.

“Menindaklanjuti surat Nomor 048/PUK.SPAI.FSPMI/IV/2022 tanggal 02 April 2022. Tentang pemenuhan PHK An.Habuddin TP dan kawan (Kariawan PT Nafasindo) kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.

Pasal 155 ayat(1)UU 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan disebutkan jika PHK tanpa adanya penetapan dari lembaga perselisihan hubungan industrial akan menjadi batal demi hukum.

Arti nya, PHK sepihak tersebut dianggap tidak pernah terjadi selama putusan lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial(PHI) belum ditetapkan, baik pengusaha maupun pekerja/buruh harus tetap melaksanakan segala kewajibannya, dalam masalah ini.

Terhadap tindakan perusahaan memutuskan sepihak berarti demi hukum pekerja masih menjadi pergawai perusahaan tersebut, pekerja tetap harus bekerja dan perusahaan tetap harus membayar upah selama belum ada keputusan dari lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial(PHI).

Untuk itu terhadap Sdr.Habuddin TP dan kawan-kawan(10 orang karyawan PT Nafasindo) yang menolak PHK PT Nafasindo harap saudara pimpin PT Nafasindo tetap membayar gaji dan THR Keagamaan tahun 2022 sebelum adanya putusan lembaga penyelesaian hubungan industrial belum ditetapkan, “demikian isi surat tersebut.

Terpisah, Senior Manager PT Nafasindo, Iskandar pada saat dikonfirmasi awak media via Whatsapp, Rabu (20/4/2022) terkait surat Dinas Tenaga Kerja dan Transmigari Kabupaten Aceh Singkil, belum ada tanggapan hingga berita ini di Kirim ke Redaksi.

Kabiro GINWS