Kabupaten Toba Kandidat Ajang F1 H2O

Pejabat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf) bersama 3 orang tim dari Union Internationale Motonautique (UIM) melakukan survey di wilayah Danau Toba di Kabupaten Toba maksud untuk melihat kelayakan tempat, menjadi opsi untuk lokasi penyelenggaraan Formula 1 Boat Race (F1 H2O).

Pertemuan tim tersebut dihadiri oleh Asisten Deputi pengembangan wisata berkelanjutan Kemenkomarves, Kosmas Harefa, Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Toba, Augus Sitorus, Asisten Setdakab, dan beberapa OPD bertempat di Panatapan Rumah Dinas Bupati Toba, Kamis (21/4/2022).

Dimana F1 Boat Race atau Formula-1 Air merupakan kompetisi balap perahu motor tingkat internasional yang diselenggarakan UIM dan berpusat di Monaco.

Sedangkan Kegiatan ini dipromosikan oleh H2O Racing selaku promotor kegiatan, sehingga sering juga disebut sebagai F1 H2O.

Asisten Deputi pengembangan wisata berkelanjutan Kemenkomarves, Kosmas Harefa mengatakan tim dari UIM datang ke Kabupaten Toba, untuk melihat kesiapan tempat dan fasilitas infrastruktur pendukung, seperti fasilitas keamanan, ketersediaan bahan bakar dan hotel.
“Apakah memungkinkan dilaksanakan event atau tidak,” imbuhnya

Lanjut Kosmas, pihaknya menyimpulkan, bahwa pada prinsipnya penyelenggaraan Formula-1 Air ini mungkin akan dilaksanakan di Toba.
“Kembali kepada kita semua, kepada seluruh masyarakat, untuk bisa mempersiapkannya, sehingga semuanya bisa menjadi sesuai dengan yang kita rencanakan,” pinta Kosmas Harefa.

Dikesemparan itu, Pj. Sekdakab Toba, Augus Sitorus meminta dukungan dari masyarakat, agar pelaksanaan kegiatan internasional ini dapat berjalan dengan baik, dengan kerjasama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan kabupaten.
“Kami sangat mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat, agar kabupaten kita ini dapat dikenal secara internasional,” sebutnya.

Kegiatan ini direncakan akan dilaksanakan pada bulan Februari 2023 mendatang, tepatnya di sekitaran Pelabuhan Balige sampai dengan muara Sungai Aek Halian, Balige.

Sementara Tim dari UIM juga akan melakukan survey di daerah atau Kabupaten lain seperti Kota Parapat, Kabupaten Simalungun.(AMS)