PEMASYARAKATAN PEDULI UMKM, 2 KLIEN BAPAS PATI KANWIL KEMENKUMHAM JATENG TERIMA GEROBAK DAGANG DAN UANG TUNAI

 1 total views,  1 views today

Pati Jawa Tengah

Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58, Pemasyarakatan menyelenggarakan kegiatan untuk mendukung usaha bagi UMKM milik masyarakat umum, dua klien Bapas Pati menerima bantuan modal baik berupa gerobak maupun uang. Penyerahan bantuan modal tersebut diserahterimakan dari dari Ketua Yayasan Baitul Mal (YBM) BRI Cabang Pati, Zaenal Mustofa dan Perwakilan BRI Cabang Pati, Dhuma (RM Dwiguna) kepada dua klien Bapas Pati dengan disaksikan Kepala Bapas Pati, Muhamad Nurseha, Kamis (21 April 2022). Tampak hadir juga menyaksikan serah terima bantuan modal tersebut Kepala Urusan Tata Usaha, Raden Agus Nurdiantoro, Kepala Sub Seksi Bimbingan Klien Dewasa, Tahris Afrudin, Kepala Sub Seksi Bimbingan Klien Anak, Danang Ariyanto dan pegawai Bapas Pati.

Kepala Bapas Pati, Muhamad Nurseha menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian yang sebenarnya bagi klien pemasyarakatan. “Alhamdulillah, dua klien Bapas Pati terima bantuan modal berupa gerobak dan uang. Kami memang mendorong untuk peduli UMKM, dengan kerjasama BRI Cabang Pati khususnya dengan Yayasan Baitul Mal (YBM) yang merupakan sebuah yayasan yang mengelola zakat mal dari pegawai BRI Cabang Pati, akhirnya klien kami menerima sebuah gerobak dan uang tunai Rp. 900.000,-,” terang Nurseha.

Sementera itu Ketua Yayasan Baitul Mal (YBM), yang merupakan sebuah yayasan milik BRI Cabang Pati dengan didampingi Dhuma (RM Dwiguna) menerangkan bahwa YBM di bulan Ramadhan 1443 H. ini ada program bantuan modal terutama keperuntukkan bagi yang benar-benar membutuhkan. “Bantuan modal ini tidak sembarang kami berikan kepada orang tetapi kami berikan setelah kami melakukan survey ke lapangan untuk memastikan apakah yang menerima bantuan dari kami tersebut benar-benar layak tidaknya untuk menerima bantuan. Bantuan modal kami tidak boleh disalahgunakan untuk keperluan yang tidak jelas, akan kami lakukan pengawasan atas bantuan modal yang telah kami berikan tersebut,” jelasnya.

Lebih lanjut ditambahkan bahwa bantuan modal tersebut setelah diberikan akan dilakukan pengawasan. “Kami sewaktu-waktu akan melakukan audit untuk mengecek ulang atas bantuan modal yang telah kami berikan tersebut apakah gerobak masih ada, apakah memang dipergunakan dengan baik, apakah banner yang terpasang di gerobaknya masih ada, semuanya itu akan kami audit sewaktu-waktu. Jadi mohon yang menerima bantuan tersebut menggunakannya dengan sebaik-baiknya,” terangnya.

Klien Bapas Pati penerima bantuan, Arif Miftah Ramadhan dan Hartono merasa sangat senang sekali atas bantuan modal yang diberikan.”Terima kasih kami ucapkan kepada Bapas Pati yang telah memilih kami berdua untuk menerima bantuan modal dan Yayasan Baitul Mal (YBM) BRI Cabang Pati yang memberikan bantuan modal kepada kami. Kami akan mempergunakan bantuan modal yang kami terima berupa gerobak dan uang tunai Rp. 900.000, yang akan kami pergunakan sebaik-baiknya untuk kegiatan usaha jualan gorengan dan jajanan makanan ringan,” ujarnya.

Di akhir kegiatan, Kepala Bapas Pati berpesan kepada dua klien penerima bantuan modal agar memanfaatkan bantuan modal tersebut dengan sebaik-baiknya.” Inilah bentuk pemasyarakatan peduli UMKM dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58, agar klien kami tersebut mempunyai usaha dan dapat mandiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga diharapkan tidak terjadi pengulangan untuk melakukan perbuatan melanggar hukum lagi,” pungkasnya.

Sumber : hms bapas Pati