BLT – DD Desa Jayasari Perioritaskan Lansia dan Disabilitas

LEBAK-BANTEN, GLOBAL MEDIATAMA.COM – Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang di anggarankan dari Dana Desa (DD), yang di glontorkan pemerintah pusat melalui pemerintah daerah, dan di realisasikan oleh pemerintah Desa, yang di peruntukan pada Masyarakat kaum yang kurang mampu. Hal demikian itu pula yang diterapkan oleh Desa Jayasari kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Desa jayasari yang di Kepalai oleh Iyas dan Mas’ud selaku sekretaris Desa memprioritaskan BLT-DD tahap ini, pada orang lanjut usia (lansia) dan disabilitas (cacat/sakit menahun).

Sebanyak 87 orang, tercatat sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan jumlah uang yang di terimanya sebesar Rp.900.000,- (sembilan ratus ribu rupiah) per KPM.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh sekertaris Desa Mas’ud, kasi ekbang Nurhani, beberapa Prangkat Desa Jayasari, Ketua BPD Busro, pendamping Desa Andre Herlambang, Ketua LPM Udi, ketua RT/RW, Bhabinsa PELDA Hanhan, Bhabinmas BRIPKA Haryanto.
Sementara Kepala Desa Jayasari Iyas, tidak dapat menghadiri kegiatan pembagian BLT-DD tersebut, dikarenakan ada kesibukan yang tidak dapat di tinggalkan. Rabu (20/4/2022) Pukul 09:00 wib sampai dengan selesai.

Kepala Desa Jayasari Iyas melalui kasi ekbang Nurhani menyampaikan kepada awak media,
“Sesuai dengan skala prioritas BLT-DD yang di realisasikan oleh pemerintah Desa Jayasari pada lansia dan disabilitas ini, terdapat salah satu KPM dengan cacat menahun atau lumpuh sedari kecil (tidak dapat berjalan) yaitu Asmar (62) tahun, dengan alamat Kp.nangklak Rt/Rw:002/001 Desa Jayasari.
Sebagai bentuk solidaritas dan perhatian terhadap Masyarakatnya. Kepala Desa Jayasari Iyas pun menugaskan kepada Pegawai Desa sebagai juru bayar, agar menyambangi rumah Asmar untuk memberikan uang BLT-DD tersebut, tuturnya.

Saat di konfirmasi oleh awak media Iyas juga menambahkan,
“Kepada seluruh KPM agar bisa menggunakan uang yang di terimanya dengan sebaik mungkin, agar kebutuhan pokok atau kebutuhan sehari-harinya terpenuhi, meskipun memang uang yang di terimanya tidak seberapa. Namun bila kita bijak dalam menggunakan uang tersebut pasti akan terpenuhi, setidaknya untuk beberapa Minggu kedepan,” imbuhnya.

“Rasa syukur juga terucap dari Asmar (62) tahun dengan adanya program ini, dikarenakan ia merasa terbantu dengan adanya program dari pemerintah yaitu BLT-DD tersebut, yang telah di realisasikan melalui pemerintah Desa Jayasari.

Terakhir Iyas juga berharap,
“Semoga program ini terus berlanjut, dan bagi warga Desa Jayasari yang belum dapat bantuan, atau yang tidak tercatat sebagai KPM, serta yang belum dapat sentuhan bantuan sosial (bansos), harap bersabar,” pungkasnya.

(ALFIAN)