“Aksi Demo Kakon & Apdesi, di Kantor Bupati Tanggamus ?!”

Tanggamus – Asosiasi Perangkat Desa seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Tanggamus, bersama Kepala Pekon (Kakon) Se-Kabupaten Tanggamus, melakukan aksi Demo terkait belum terlialisasi nya “Anggaran Dana Pekon (ADP) Tahun 2022, Dana Hibah dan mobil dinas Apdesi”.
Aksi demo dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Kabupaten Tanggamus, Senin (25/04/2022).

Kepala Pekon dengan Iring iringan mobil Ambulance serta Aparat Pekon memutari kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus, serta memakirkan mobil Ambulance dilapangan Pemkab Tanggamus, aksi demo oleh Kepala Pekon (Kakon) Se-Kabupaten Tanggamus menuntut agar cepat di cairkan nya Anggaran Dana Pekon (ADP).

Aksi demo Kepala Pekon (Kakon) se-Kabupaten Tanggamus, dipimpin oleh Ketua Apdesi Kabupaten Tanggamus Zudarwansyah, Wakil Ketua Dulmanan (Pekon Kelungu),
Sekertaris Apdesi Rusman serta di dampingin Tim Hukum Apdesi Kabupaten Tanggamus Yazmi dona, SH,MM,MH,CLA.,
Koordinator Aksi/Kepala Pekon Penanggugan Sabil, dan para Kepala Pekon (Kakon) se-Kabupaten Tanggamus bersama Aparat Pekon.

Ketua Apdesi Kabupaten Tanggamus Zudarwansyah, dalam aksi demo mewakili Kepala Pekon se-Kabupaten Tanggamus menyampaikan tuntutan melalui orasinya.
“Meminta agar Anggaran Dana Pekon (ADP) segera di cairkan sebelum lebaran sesuai aturan tahap pertama 25%, 15%, serta kendaraan dinas Aparatur Pekon agar segera dapat direalisasikan, dan
meminta agar gaji Kepala Dusun disamakan dengan gaji Aparat Pekon lainnya,
dalam pencairan Dana Desa (DD) agar pencairannya 40%, 40% dan 20%, serta Dana hibah Apdesi juga segera dicairkan juga.

Setelah selesai menyampaikan orasi dan tuntutannya para Kepala Pekon, Apdesi dan Aparat Pekon, di minta oleh Asisten I Kabupaten Tanggamus Drs. Faturahman dan Asisten III Jonsen Vanisa, untuk melakukan mediasi diruang nya, sebanyak 5 (lima) orang perwakilan dari Kepala Pekon, Apdesi dan perangkat Pekon.

Ketua Apdesi Kabupaten Tanggamus Zudarwansyah, disela aksi mengatakan jika peserta aksi demo yang hadir sebagian besar Kepala Pekon (Kakon) dan beberapa aparatnya, sebagai bentuk Solidaritas sesama aparat Pekon yang ada di Kabupaten Tanggamus, ” Aksi demo hari ini menuntut agar kiranya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus, dapat mencairkan Anggaran Dana Pekon (ADP).

Ketua Apdesi Kabupaten Tanggamus Zudarwansyah, juga menambah jika aksi kali ini dalam bentuk meminta kejelasan terkait Anggaran Dana Pekon (ADP) yang selama 4 (empat) bulan belum di cairkan, disisilain menurut Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanggamus, dana Pekon tersebut sudah masuk Dinas keuangan tapi sampai detik ini belum cair.

“Kepada peserta aksi,
saat ini pencairan dana sedang dalam proses dan besok diyakinkan sudah bisa terealisasi,
dan untuk Kepala Dinas Keuangan Kabupaten Tanggamus saat ini sedang berkoordinasi dengan Bank Lampung serta Bank BRI karena untuk prosesnya memakan waktu 2 (dua) hari sampai 3 (tiga) hari, “Adapun hasil mediasi bersama Asisten Kabupaten Tanggamus, “jelas Ketua Apdesi Kabupaten Tanggamus.

“Untuk pencairan Anggaran Dana Pekon (ADP) 25% maupun Anggaran Dana Desa (ADD) 40% sesuai dengan peraturan Daerah, dan meminta agar masa aksi demo kembali ke rumah masing-masing serta mempercayakan perihal ini kepada Ketua Apdesi Kabupaten Tanggamus untuk menyelesaikannya, ” pungkas Ketua Apdesi Kabupaten Tanggamus Zudarwansyah.(AWPI/Heri Apriyanto).