Tradisi Tahunan Seba Baduy Dimulai, Ratusan Warga Baduy Jalan Kaki Temui Bupati Lebak

LEBAK-BANTEN, GLOBALMEDIATAMA.COM – Tradisi tahunan Seba Baduy berlangsung hari ini. Sebanyak 150 orang Baduy berangkat dari perkampungan Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, untuk mendatangi ‘Ibu Gede’ atau Bupati Lebak Hj.Iti Oktavia Jayabaya di Rangkasbitung. Pantauan awak media di Jalan Raya Leuwidamar. Jumat (6/5/2022).

Ada puluhan orang Baduy dalam yang berjalan kaki pada perayaan Seba ini, Mereka berangkat sejak pukul 10.45 WIB tadi.

Mereka terlihat menggunakan pakaian berwarna putih dan hitam, serta menggunakan penutup kepala atau udeng, dan mereka juga terlihat membawa tas berwarna putih berisi hasil bumi.

Sementara salah satu perangkat Desa kanekes Salman mengatakan kepada awak media,
“Hari ini Orang Baduy luar dijadwalkan berangkat ke Rangkasbitung setelah shalat Jumat nanti sekira pukul 13.30 ,” ujarnya.

Kepala Desa Kanekes Saija menambahkan,
“Yang Baduy dalam sudah pada berangkat tadi subuh-subuh, sekarang giliran yang Baduy luarnya masih persiapan,” ujar kepala pemerintahan suku Baduy Desa Kanekes.

Lanjutnya,
“Orang Baduy akan berjalan puluhan kilometer untuk bertemu pemerintah Lebak. Warga Baduy dalam diperkirakan tiba di Rangkasbitung pukul 15.00 WIB sore nanti.

“Sementara istirahat dulu terus nanti lanjut lagi, kira-kira mah sampe Rangkas itu jam 15.00 WIB,” ujarnya Kepada Desa Kanekes Saija.

Salah satu warga Cibeo, Jama, mengatakan,
“Ia berangkat dari kampungnya pada (5/5) kemarin sekitar pukul 16.00 WIB. kemudian ia beristirahat di Kampung Kaduketug.

Hari ini, ia bersama rombongan Baduy dalam berangkat sekitar pukul 05.00 WIB tadi pagi untuk melaksanakan Seba.

“Saya udah tujuh kali mengikuti kegiatan seba ini, tergantung siapa aja orang yang mau ikut setiap tahun ganti-gantian orangnya (yang melaksanakan Seba). Kalau nggak mau nanti diganti sama orang yang mau mengikuti nya,” tutur Jama.

Menurutnya,
“Bahwa orang Baduy akan bertemu dengan Bupati Lebak Hj.iti Oktavia Jayabaya. Mereka akan bersilaturahmi dan melanjutkan perjalanan ke Serang pada esok harinya,” tukasnya.

(ALFIAN)