Bocah 7 Tahun Tenggelam Di Wisata Air Terjun Bukit Mangkol Kecamatan Simpang Katis Bangka Tengah

Propinsi kepulauan bangka belitung.

Ginewstvinvestigasi.com.

Bangka tengah.Minggu.15-05-2022
Destinasi wisata air terjun bukit mangkol yang pada hari libur biasanya ramai didatangi warga untuk berendam dan bermain air terjun yang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan air terjun yang ada dipulau Sumatera dan pulau Jawa, Tetapi sayang potensi besar tersebut Diduga tidak dibarengi dengan pengelolaan yang tepat, sehingga Tahura yang seharusnya Ramah buat pengunjung ini malah berpotensi membahayakan para pengunjung.

Pemandian Air terjun Tahura Bukit Mangkol yang dikelola oleh kelompok pencinta alam Bujang Scuad tersebut memakan korban jiwa.

Bocah laki-laki berusia 7 tahun bernama Delian tersebut tengelam saat sedang berwisata bersama keluarganya di Air Terjun Bukit Mangkol, Desa Terak kecamatan Simpangkatis , Bangka Tengah.

Awalnya Team media mendapat informasi adanya Seorang Anak berusia (7) yang dilaporkan tenggelam di air terjun Tahura Gunung Mangkol.

Peristiwa yang terjadi pada Minggu 15/5/2022 sore itu mengundang keprihatinan. Sebab, air terjun yang dibuka dan dimanfaatkan menjadi destinasi wisata, diduga tanpa adanya penjagaan dari pihak pengelola.
Dari laporan tersebut media melakukan investigasi, Berdasarkan keterangan warga yang sedang berwisata di air terjun bukit mangkol saat bertemu team media mengatakan semua pengunjung ada di air terjun bukit mangkol di suruh pulang oleh pengelola.

Media pun melanjutkan mencari informasi terkait penyebab tenggelamnya bocah tersebut, kepada warga dan mengatakan :
Kemungkinan penyebab tenggelamnya bocah dilokasi tersebut karena dalamnya kolam tersebut atau minimnya pengawasan dari orang tua dan pengelola yang ada dilokasi tersebut,”terang Ar

Ketika diminta harapannya tentang pengelolaan tahura, Ar pun menjawab :

Harapan saya sebagai warga masyarakat agar pengelola tahura lebih profesional dalam mengemban amanat sebagai pengelola, jangan dibiarkan lagi penambangan TI di DAS, stop ilegal loging dan harapan kami agar tahura bukit mangkol bisa difungsikan sebagaimana mestinya tanpa adanya kepentingan apapun,”Ujar Ar.

Terpisah Awak media mencoba menggali informasi dari pengelola air terjun bukit mangkol, tapi sayang para pengelola sedang tidak berada dilokasi karena sedang mengatarkan korban yang tengelam ke rumah sakit.

Ketika dikonfirmasi ke Ketua Bujang Squad Purwanto selaku pengelola melalui pesan whatsapp, namun sayang media belum berhasil mendapat konfirmasi resmi.
Sementara itu, jenazah Delian bocah yang tewas tenggelam di Air Terjun Mangkol itu, saat ini telah dibawa ke kediaman orangtuanya yang berada di Parit Pekir, Sungailiat.

Ginewstvinvestigasi com.
(Team)