Bupati Tulungagung Pimpin Upacara Hardiknas Tahun 2022

GlobalInvestigasiNews-Tulungagung
Jum’at (13/05/2022), Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M. memimpin Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan di Halaman Kantor Bupati Tulungagung. Dalam acara ini Bupati didampingi oleh Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Sibowo, S.E., Sekda Tulungagung Drs. Sukaji, M.Si., dan seluruh anggota Forkopimda Tulungagung.

Dalam Upacara Hardiknas tahun ini yang mengambil tema “Memimpin Pemulihan Bersama, Bergerak Untuk Merdeka Belajar” juga turut diikuti oleh Anggota TNI Kodim 0807 Tulungagung, Polisi Polres Tulungagung, KORPRI, PGRI, Mahasiswa, dan Pelajar yang ada di wilayah Kabupaten Tulungagung.

Bupati Maryoto Birowo dalam sambutannya mengungkapkan bahwa selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus dihadapi bersama di dalam dunia pendidikan.

“Hari ini adalah bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan. Di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang ditahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau diseluruh Indonesia.”, Ujar Bupati membacakan sambutan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Selanjutnya Bupati mengatakan bahwa Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan dilebih dari 140.000 satuan pendidikan diseluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan.

”Anak-anak kita juga tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Asesmen Nasional yang sekarang kita gunakan tidak bertujuan untuk “menghukum” guru atau murid, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru terus terdorong untuk belajar, supaya kepala sekolah termotivasi untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan. lanjut Bupati.

Bupati menjelaskan bahwa semua perubahan positif yang kita usung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh para orangtua, guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke Negara-negara lain melalui presidensi Indonesia dikonferensi tingkat tinggi G-20. Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia.

“Para penggerak Merdeka Belajar di seluruh Indonesia yang saya banggakan, langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun ,kita belum sampai di garis akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Ke depan masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta rintangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar.”, pungkas Bupati.

Acara ini juga diisi dengan penyerahan piagam penghargaan, penyerahan Piala pada para pemenang berbagai perlombaan oleh Bupati, Wakil Bupati, anggota Forpimda Tulungagung dan Sekda Tulungagung kepada para pelajar yang ada di wilayah Kabupaten Tulungagung. (Reg)