Bhabinkamtibmas Polres OKU Menjadi Narasumber Dalam Program Presisi Inspiratif Di Polri TV Presisi

OKU SUMSEL – Bhabinkamtibmas Talang Jawa Kec. Baturaja Barat Kab. Oku dari Polsek Baturaja Barat Polres Oku Bripka Rio Nanda, S.IP., menjadi Narasumber Dalam Program Presisi Inspiratif Di Polri TV Presisi secara Live.

Siaran secara Live di Polri TV Radio dilaksanakan pada Kamis (07/07/2022) sekira pukul. 15.00 Wib yang mana Bripka Rio Nanda beriteraksi langsung dari Ruang Vidcon Polres Oku melalui layar Televisi.

Dalam jalannya kegiatan Bripka Rio Nanda, S.IP., selaku Bhabinkamtibmas Talang Jawa Kec. Baturaja Barat Kab. Oku dari Polsek Baturaja Barat Polres Oku melakukan interaksi tanya jawab dengan pembawa acara.

Bripka Rio Nanda, S.IP., Bhabinkamtibmas Kelurahan talang Jawa Polsek Baturaja barat Polres Ogan Komering Ulu Polda Sumatera Selatan menginisiasi pembelajaran usia dini rumah pelangi berawal dari pandemi covid-19 Di mana anak-anak sekolah juga diperlakukan pembatasan sosial untuk mencegah penyebaran virus covid-19.

Bripka Rio Nanda dan relawan melakukan problem solving dengan mengajak anak-anak usia dini untuk ikut belajar bersama ini merupakan salah satu implementasi program babinkamtibmas kemandirian sosial yang disosialisasikan oleh Polda Sumatera Selatan.

Tidak hanya usia dini bridka Rio juga turun langsung mengajar anak-anak sekolah dasar untuk menambah referensi tentang ilmu pengetahuan, Bripka Rio juga mempersiapkan internet untuk belajar anak-anak, selain itu Bripka Rio juga mengajarkan berbagai ilmu pengetahuan yang mendukung dari silabus di sekolah dan juga mencari referensi lain di internet sehingga anak-anak dapat memperkaya diri tentang pengembangan ilmu pengetahuan lewat internet.

Untuk semakin meningkatkan semangat belajar anak-anak di wilayah binaannya juga melakukan sambang dari pintu ke pintu ke rumah warga untuk mengajak putra-putrinya belajar di rumah Pelangi, dari aksi sosial gerakan pendidikan tersebut selain mengeluarkan dana pribadi untuk keperluan belajar mengajar anak-anak Bripka Rio juga mendapatkan bantuan buku alat tulis dari komunitas rekan-rekan serta warga yang peduli atas aksi sosial pendidikan yang dilakukan oleh Bripka Rio dan para relawan.

Program pembelajaran yang diajarkan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP yang diajarkan di sekolah, tidak hanya itu pembelajaran tentang antisipasi kenakalan remaja dan Kamtibmas juga diajarkan di rumah Pelangi, selain mengajak keluarga dengan cara sambang warga agar anak-anaknya dapat memperoleh tambahan pembelajaran di rumah pelangi komunikasi searah maupun dua arah dengan memposting kegiatan pembelajaran di rumah pelangi lewat media sosial Instagram lewat cara komunikasi inilah pembelajaran di rumah pelangi semakin terkenal dan perlahan semakin yang mengikuti program pembelajaran tersebut juga berdampak pada penambahan para donatur yang memonitor kegiatan tersebut melalui medsos tidak hanya buku dan alat tulis para donatur tersebut juga menyumbangkan meja belajar untuk pembelajaran anak-anak selain melakukan aksi sosial pendidikan ekonomi masyarakat melalui pemasaran UMKM secara online.

Bripka Rio mencari potensi-potensi UMKM yang ada di wilayah binaannya untuk dipasarkan secara online kegiatan tersebut dilakukan karena selama ini potensi kuliner yang ada di wilayah binaannya kurang diekspos sehingga pemasaran yang kurang berkembang saat melakukan strategi pemasaran, Bripka Rio juga membantu pembuatan desain pengemasan agar hasil UMKM kuliner tersebut lebih rapi dan menarik para konsumen, selain UMKM kuliner terdapat juga UMKM kerajinan tangan juga dipasarkan melalui media social. Kegiatan UMKM tersebut berdampak pada kondisi fisikmas karena selama ini seringkali terjadi keributan yang dilakukan oleh tetangga terutama ibu-ibu, tetapi seiring dengan semakin berkembangnya UMKM keributan tersebut dapat diminimalisasi karena warga telah disibukan dengan kegiatan UMKM yang berdampak pada peningkatan pemberdayaan ekonomi global dan beberapa program aksi sosial kemasyarakatan juga dilakukan oleh briptu Rio Nanda diantaranya bagian Kamboja aksi dari program tersebut adalah melakukan pengawalan iring-iringan jenazah di wilayah binaannya menuju ke tempat pemakaman.( Alv )