“Demi Dan Untuk Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Masyarakat SBD”, SLD Rapat Bersama Pemdes Weelima

Sumba Barat Daya NTT, Viralglobalnews.net-Dalam rangka perencanaan pembangunan gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Ketua Umum (Ketum) Yayasan Tunas Timur, Dr. Soleman Lende Dappa,S.Hut.,M.Th.,M.Pd.K., bersama Pemerintah Desa (Pemdes) dan Masyarakat Weelima melakukan pertemuan di kantor desa Weelima, Kecamatan Wewewa Timur (Wetim), Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ,Sabtu (09/07/2022).

Kepala Desa (Kades) Weelima, Yohanes Rato Palenga dalam sambutannya menyampaikan, sebagai Kades dan juga masyarakat desa Weelima, ia sangat bersyukur dan berterima kasih atas kehadiran SLD.

“Terima kasih kepada Ketum Yayasan Tunas Timur, SLD, yang hari ini sudah datang dan hadir bersama kami dalam rapat perencanaan pembangunan gedung sekolah, sebagai bentuk pendekatan akses layanan pendidikan bagi kami masyarakat yang berada di pelosok,” Kata Kades.

Menurut Kades Yohanes, SLD adalah tokoh penuh terobosan yang luar biasa.

“Oleh karena itu saya mengajak kita semua untuk bekerja sama dan mendukung pembangunan sekolah ini, dengan menyekolahkan anak-anak kita di sekolah yang akan selesai dibangun tahun ini, sehingga anak-anak kita tidak harus bersekolah di tempat yang jauh lagi dengan biaya yang besar,” Katanya lagi.

Disamping itu, Mateus Malo Kiku selaku pemerhati pendidikan juga menyampaikan terimah kasih, atas antusias pemerintah dan masyarakat desa Weelima dalam mendukung perencanaan pembangunan gedung SMK ini.

“SLD adalah tokoh yang patut kita apresiasi, karena kehadiran beliau saat ini di SBD sudah banyak melakukan terobosan khususnya di dunia pendidikan, dengan membangun 72 sekolah mulai dari tingkat SD,SMP,SMA, dan SMK. Saat ini juga beliau sudah membangun kerja sama di tingkat perguruan tinggi dengan 5 Universitas, demi mendekatkan akses bagi masyarkat Sumba Barat Daya,” Ujar Mateus.

Menurut Mateus, tantangan besar yang dihadapi oleh masyarakat SBD saat ini adalah masalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat rendah.

“Sehingga, Sumber Daya Alam (SDA) yang begitu besar kita miliki, tidak dapat dikelola dengan baik untuk peningkatan ekonomi. Akhir tidak semakin maju dan bisa saja semakin mundur. Oleh kerena itu mari kita membangun kerja sama yang baik di antara kita, khususnya dalam pembangunan gedung sekolah di desa Weelima,” Tandas pemerhati pendidikan itu.

Sementara itu, Ketum Yayasan Tunas Timur, SLD menyampaikan jika wilayah SBD mau maju dan bisa bersaing, maka faktor utama yang harus diperbaiki adalah kualitas SDM.

“Kehadiran saya saat ini demi dan untuk memberikan pemerataan akses pendidikan bagi masyarakat SBD. Oleh karena itu maka sangat dibutukan kerja sama yang baik di antara kita, baik dari pemerintah desa maupun masyarakat desa Weelima,” Kata SLD.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Kades Yohanes Rato Palenga bersama aparat desa Weelima, Masyarakat, pemerhati pendidikan Mateus Malo Kiku, dan Ketum Yayasan Tunas Timur, Dr. Soleman Lende Dappa,S.Hut.,M.Th.,M.Pd.K., dan Tim Dari Yayasan Tunas Timur.

(VGNntt/JS/Global)