Milad Ke-1 Tahun : Rumah Sanggar Al Qur’an Diharapkan Lahirkan Generasi Ulama

Serdang Bedagai, Ginews .
Rumah Sanggar Alquran Sumut yang berada di Desa Marbun Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara, asuhan dari Sadarita Purba menggelar milad ke 1 tahun, Minggu (17/7/2022).

Pendiri dan sekaligus pemimpin Rumah Sanggar Al Qur’an Sadarita Purba, SP mengatakan di rumah sanggar Alquran ini ada 300 Santri dan Santri Wati, kalau 1 orang saja paham dan hapal Alquran Insya Allah pasti akan Allah rahmati Rumah Sanggar Al Qur’an kita ini.

Lanjutnya, apalagi dia mengajari masyakarat-masyarakat setempat di kampungnya, pastilah Allah akan memakmurkan Desa-Desa kita yang tercinta ini.

“Saya juga berharap Santri/Wati yang ada di Rumah Sanggar Alquran ini bisa menjadi ulama pada masa depan, dan bisa menjadi sumbangsih yang sangat berarti. Sehingga dapat menggantikan para-para ulama kita terdahulu yang telah wafat meninggalkan kita semuanya,” paparnya dalam pidatonya.

Dia juga mengatakan adanya Rumah Sanggar Alquran ini bertujuan untuk memperbaiki buta huruf hijaiyah dan mendukung program Pemerintah Kabupaten Sergai yakni “Sergai MAJU TERUS” (Mandiri Sejahtera dan Religius).

Politis Partai Gerindra tersebut memaparkan di Rumah Sanggar Alquran ini juga semua gratis, baik belajarnya, makannya. Kami juga menerima semua pihak kalangan yang ingin belajar di Rumah Sanggar Alquran ini, baik yang muda maupun yang tua, Insya Allah kami akan tetap mengarahkan dan mengajari mereka dengan sungguh-sungguh.

Dia juga berpesan bahwa bangsa Indonesia harus bisa banyak mencetak para santri/Wati yang hafal dan paham betul tentang Alquran. “Karena Alquran ini sangat kita butuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari,” ucap anggota DPRD Sergai tersebut.

“Kami mengapresiasi langkah-langkah baik yang dilakukan Bapak Sadarita kepada masyarakat, dan kami akan siap membantu program-program Pemerintah Kabupaten serta juga program-program bapak kedepannya untuk kepentingan masyarakat banyak,” ucap Danramil Kecamatan Sipispis Kapten INF PM Simanjuntak.

Tokoh pemuda Sipispis M. Hendri Sugara Sinaga mengatakan, keberadaan Rumah Sanggar Alquran di Indonesia khususnya di Sergai sangat penting karena bermanfaat untuk mempersiapkan generasi penerus ulama mengingat banyak diantara mereka yang telah wafat baik itu dikarenakan sakit maupun tidak, dan ada juga meninggal akibat Covid-19.

Aktivis Sergai tersebut merincikan Rumah Sanggar Alquran ini bisa menghadirkan semangat kolaborasi peduli kebaikan dan kemaslahatan bagi masyarakat serta menciptakan generasi penerus ulama Ahlussunnah wal jama’ah yang cinta kepada Al Qur’an, dan mengamalkan isi kandungan ayat suci Alquran kepada masyarakat luas.

“Apalagi pada era Covid-19, Rumah Sanggar Alquran banyak membantu masyarakat dengan edukasi mengajari mereka, mendidik, dan menghagal Alquran di lokasi yang sangat indah ini. Termasuk mencetak generasi penerus ulama, menghadirkan Islam ‘Rahmatan lil alamin’, jauh dari radikal, ekstrem, ekslusif, dan antisosial,” ujar kader HMI cabang Medan tersebut.

Menurut masyarakat setempat Syahrial, menjelaskan Rumah Sanggar Al Qur’an ini sangatlah penting dan bermanfaat bagi mereka khususnya, apalagi di zaman sekarang ini.

“Kita sangat berharap agar para santri/Wati aktif terus di Rumah Sanggar Al Qur’an. Dan khususnya di masyarakat agar dapat memberi pengetahuan baru bagi kami” harapnya.

Acara ini juga di hadiri oleh ratusan masyarakat dan juga anak-anak muda khususnya, baik dari desa Marubun maupun dari luar desa tersebut. Turut hadir juga Camat Sipispis, Kapolsek Sipispis, Danramil Sipispis, Kepala Desa Se Kecamatan Sipispis dan juga yang mewakili, tokoh-tokoh agama, dan tokoh-tokoh masyarakat.

Dalam acara tersebut dilanjutkan makan bersama-sama di Rumah Sanggar Alquran Sumut tersebut.

Di akhir acara para Kapolsek dan Danramil, Tokoh-tokoh Agama, dan masyarakat Sipispis mengapresiasi langkah yang baik yang dilakukan oleh Sadarita Purba.
(Suyanto)