Untuk Memulihkan Sektor Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Parbudpora Tanjab Timur Ikut Ajang Festival Batanghari 2022

Jambi-Globalinvestgasinews.com.2022/09/26
Festival Batanghari 2022
merupakan acara yang digelar sebagai upaya untuk menggairahkan kembali pariwisata di Provinsi Jambi Acara ini diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi yang berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata se- kabupaten Jambi.

Festival yang digagas Dinas Pariwisata Provinsi Jambi ini bertujuan untuk memulihkan sektor pariwisata yang menjadi tulang punggung penggerak roda perekonomian.

Salah satu Kabupaten yang mengikuti Festival Batanghari 2022. Bidang Kebudayaan Dinas Parbudpora Pemkab Tanjab Timur, selain mengikuti Festival Bidang Kebudayaan dan pariwisata Pemkab Tanjab Timur juga membuka Stand pameran Festival Batanghari yang di gelar di kawasan Tanggo Rajo Jambi.

Dinas Parbudpora, melalui bidang Kebudayaan dan pariwisata, juga memperkenalkan produk UMKM kabupaten Tanjab Timur. Produk yang di pamerkan dan menjadi salah satu produk unggulan adalah Batik Tanjab Timur.

Pemkab Tanjab Timur juga mempromosikan distinasi wisata yang ada di kabupaten Tanjab Timur, ada 3 katagori yangbdi perlombakan.(Human Interest. Distinasi dan Produk Unggulan). Tidak kalah pentingnya Dinas Parbudpora Pemkab Tanjab Timur juga, mengadakan lomba Video Kreatif dengan menonjol kan Khas Tanjab Timur, seperti Festival Sumbun dan Festival Kenduri Lawang Swarnabhumi. Dari Festival yang di perlombakan ada ada 6 pemenang.

Suatu penghargaan Stand Festival Batanghari Pemkab Tanjab Timur, mendapat kunjungan dari Ketua TP – PKK Provinsi Jambi Hj Hesnidar Al-Haris

Kadis Parbudpora Pemkab Tanjab Timur, melalui kabid Kebudayaan dan Pariwisata Ulfi Rahmad mengatakan. Festival ini merupakan satu langkah strategis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan memperkenalkan Kebudayaan dan Pariwisata di provinsi Jambi Khususnya Kabupaten Tanjab Timur.

“Sehingga produk ekonomi kreatif dan potensi dari berbagai daerah dapat dikenal masyarakat secara luas, dan minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Provinsi Jambi khususnya Kabupaten Tanjab Timur bisa meningkat,” ujarnya.

Maka dari itu Pemkab Tanjab Timur, terus memberikan dukungan bagi pelaku ekonomi kreatif agar tetap semangat dan terus meningkatkan kualitas produknya.

“Karena jika ini dikembangkan dengan baik, akan meningkatkan nilai ekonominya. Dinas juga harus berperan memulihkan pariwisata melalui Festival semacam ini,” imbuh dia.

Ulfi Rahmad berharap agar Festival ini bisa menumbuhkan dan mampu menaruh kepercayaan pengunjung ke Provinsi Jambi khususnya Kabupaten Tanjab Timur yang memberikan aktivitas pariwisata aman dan nyaman.

Mudah – mudahan Festival Batanghari 2022 ini akan dijadikan agenda rutin tahunan sebagai ruang untuk mempromosikan secara luas seluruh komponen pariwisata mulai dari sektor pariwisata, ekonomi kreatif, seni budaya tradisi hingga produk-produk UMKM,” jelasnya.(T111k).