Tanamkan Kedisiplinan, Babinsa Kampung Bandar Latih PBB Di SMK Muhammadiyah 1

PEKANBARU- Global lnvestigasi News.Com, Babinsa Kelurahan Kampung Bandar Koramil 03/Senapelan Kodim 0301/Pekanbaru Pelda Iskandar melatih PBB di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru, dalam menanamkan kedisiplinan kepada generasi muda. Jum’at, (02/12/2022).

Dalam penyampaiannya Pelda Iskandar mengatakan dengan adanya pelatihan PBB diharapkan para siswa dapat mengerti maksud dan tujuan dari pelatihan PBB tersebut, ialah untuk membentuk sikap kedisiplinan, kekompakan, loyalitas, kepedulian, rasa persatuan dan tanggung jawab, sehingga nantinya mampu menerapkannya di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah yaitu melatih daya konsentrasi, mendorong belajar tentang solidaritas tim, belajar mendengar, dan patuh serta belajar untuk diam dan mengatur emosi,” kata Pelda Iskandar.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru, mengatakan bahwa latihan PBB bertujuan memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara agar para siswa memiliki kedisiplinan dan rasa tanggung jawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila, dan UUD 1945.

“Kami berharap dengan pelatihan ini siswa dapat meningkatkan rasa nasionalisme, jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas di sekolah,” tuturnya.

Siswa pun terlihat bersemangat dan antusias dengan pelatihan yang diberikan oleh Babinsa. Hal ini terlihat pada saat penyampaian teori dan materi praktek mereka memperhatikan dengan serius dan seksama.

Peraturan Baris-Berbaris (PBB) merupakan salah satu materi wajib, Adapun materi yang disampaikan dalam PBB adalah materi dasar seperti sikap sempurna, gerakan di tempat, perubahan arah dan perpindahan (berjalan).Tujuan PBB untuk siswa sekolah adalah menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas.(lbs)