Kejadian Bencana Longsor Diakibatkan Dinding Tebing Abrasi Tidak Sanggup Menahan Beban Bangunan Rumah

Bogor – Polsek Cijeruk bekerjasama dengan warga bersihkan puing tanah longsor
diakibatkan Dinding Tebing Abrasi Tidak Sanggup Menahan Beban Bangunan Rumah, dan di ketahui adanya gempa Sukabumi berskala 5,8 Magnitudo akibat dari getaran tanah.

Kapolsek Cijeruk, Kompol Hida mengatakan, pada hari kamis 8 Desember 2022 sekitar pukul 07,50 WIB telah terjadi longsor di Kampung Cidangdeur RT 003/004, Desa Tugu jaya, Kecamatan Cigombong, yang berdampak pada ambruknya rumah Bapak Salim (38) pada bagian ruang kamar dan dapur. (9/12/2022)

Longsor tersebut terjadi diakibatkan Dinding Tebing Abrasi Tidak Sanggup Menahan Beban Bangunan Rumah dan juga adanya Curah Hujan Yg Cukup Lebat dan Adanya Getaran Tanah dari Gempa bumi dengan Titik gempa Sukabumi M 5,8.

“Dalam kejadian tersebut tidak mengakibatkan tidak adanya korban jiwa, hanya kerugian materi diperkirakan Rp. 75,000,000 (Tujuh puluh lima juta Rupiah),” ungkap Kapolsek Cijeruk, Kompol Hida.

Adapun langkah dan tindakan yang diambil dengan menugaskan Babinkamtibmas Bripka Yudi bersama Pemerintah Desa mendampingi Muspika Mendatangi TKP.

“Selain itu, kami pun bersama sama warga masyarakat Kerja bakti membersihkan puing tanah longsor,” ujarnya.

Bersama Muspika Cigombong, Polsek Cijeruk pun mengevakuasi pemilik rumah ke tempat aman dan melaporkan ke Sat Atas dan BPBD Kabupaten Bogor.

Selain faktor gempa dan longsor, adapun penyebab ambruknya rumah tersebut, karena bangunan rumah berada di pinggir tembingan.

“Sudah tiga kali longsor ini terjadi, juga ditambah curah hujan yg cukup tinggi,” tutup Kapolsek Cijeruk, Kompol Hida.

Sumber Humas polres Bogor

E permana