Pelantikan Pejabat Kepala Desa Persiapan Pada Desa-Desa Mekar Di Kabupaten Sumba Barat Daya Tahun 2022

Sumba Barat Daya ,NTT, GlobalInvestigasiNews.Com-Acara Pelantikan Kepala desa-desa persiapan kab.SBD Nusa Tenggara Timur (NTT) berlangsung di depan kantor bupati SBD,turut hadir,OPD,para camat,lurah,kades-kades,tokoh agama,tokoh adat,tokoh perempuan,tokoh pemuda serta insan pers.Jumat 16 Desember 2022.

Kesempatan yang berbahagia ini bupati Sumba Barat Daya ,Dr.Cornelius Kodi Mete mengucapkan selamat kepada seluruh pejabat yang baru saya Lantik dengan harapan besar kepada pejabat keoala desa dapat membawa perubahan,pemikiran yang aktual,kehidupan sosial,budaya,dan ekonomi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sumba Barat Daya.

Dari perjuangan panjang melelahkan dalam proses pemekaran desa di kabupaten Sumba Barat Daya.Terbentuk nya 77 desa adalah hasil kerja keras kita semua dan harapan agar tanah Loda Wee Maringi, Pada Weemlala.

Tujuan pemekaran ini adalah untuk mendekatkan pelayanan pada publik demi mewujudkan ektafitas dan efesiensi penyelenggara pemerintah desa.Kepala desa harus melaksanakan fungsi dan tugas dengan sebaik-baiknya.Segala persiapan menuju desa definitif karena desa Persiapan sebagaimana namanya,sesuai UU harus mempersiapka segala hal menuju desa definitif paling lama 1-3 tahun.Pemda terus memantau desa persiapan melalui perangkat daerah terkait.

Menuju desa definitif dapat berjalan lancar dalam waktu satu tahun dinilai efektif.Pemeribtah akan memberikan dana desa bersumber dari dan APBN setelah nomor register kode desa diterbitkan Kemendagri.

Saya sampaika seluruh kepala desa induk dan pejabat kepala desa agar saling berkoordinasi dan bekerjasama dengan baik sesuai dengan wewenang dan tugas masing-masing.

Selanjutnya kepala desa harus mendukung dan mengawal kebijakan strategis program daerah tujuh jembatan emas yakni,desa berair,bercahaya,desa berkecukupan pangan,desa sehat,desa cerdas,desa aman tentram dan desa wisata,”demikian sambutan Bupati SBD.

Sipri Mone/ Global