Kegiatan Panen Jagung Dalam Rangka Program Ketahanan Pangan Kodim 0726/Sukoharjo di Lahan Demplot Desa Bulu

 43 total views,  1 views today

Sukoharjo (28/12/22) Panen raya Jagung dalam rangka program ketahanan pangan Kodim 0726/Sukoharjo dipimpin oleh Letkol Czi Slamet Riyadi, S.E (Dandim 0726/Sukoharjo) bertempat di lahan Demplot Jagung Kodim 0726/Sukoharjo Dk. Bulu RT 01 RW 06, Ds. Bulu, Kec. Bulu, Kab. Sukoharjo, Rabu (28/12/22).

Pelaksanaan program Ketahanan Pangan Kodim 0726/Sukoharjo adalah salah satu bentuk nyata mensukseskan program ketahanan pangan nasional. Lahan Demplot yang digunakan adalah lahan milik masyarakat atas nama Bp. Supriyanto dan Bp. Bara Putra Parisman dengan luas total 2 hektar.

Bapak Lurah desa Bulu Widodo menyampaikan mengucapkan terimakasih kepada bapak Dandim 0726/Sukoharjo, yang telah berkenan melaksanakan program tanam jagung di wilayahnya.

Sementara itu Dandim 0726/Sukoharjo menyampaikan bahwa Program ini merupakan program dari KASAD, yang mana seluruh jajaran Kodim se Indonesia wajib melaksanakan program ketahanan pangan, yang di harapkan bisa menopang atau mensukseskan program pemerintah bidang ketahanan pangan nasional.

“Saya sampaikan bahwa di Kementerian Pertahanan sendiri ada program Food Estate yang di canangkan oleh Bapak Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan RI) yang mana Food Estate sendiri adalah suatu usaha budidaya tanaman secara luas lebih dari 25 hektar yang dilakukan dengan konsep pertanian sebagai sistem industrial yang bebasis ilmu pengetahuan dan tehnologi, modal, organisasi serta manajemen modern,”terang Dandim.

Kodim sendiri sebagai pelaksana program dengan langkah mencari dan menyiapkan lahan kosong dengan cara berkoordinasi dengan Kepala Desa atau Camat, bidang tehnik dan pengadaan bibit berkoordinasi dengan Dinas pertanian dan pemeliharaan hingga masa panen yang dilaksanakan oleh anggota Koramil dan masyarakat.

” Kita adalah sebagai pelaksana yang mengakomodir, bibit dari Dinas pertanian, lahan dari Desa atau masyarakat, hasil untuk masyarakat. Dalam program ini kita memilih benih jagung jenis pioner 39, dimana daunnya bisa di manfaatkan untuk pakan ternak,” lanjut Dandim Sukoharjo.

Pelaksanaan Program Ketahanan Pangan Kodim 0726/Sukoharjo dalam hal ini bukan hanya program penanaman jagung, tetapi ada juga program tanam kelapa genjah, kita sudah mulai di Kartasura dan Grogol, ada yang sudah berjalan dan ada juga yang masih dalam tahap penyiapan lahan.

” Lahan Demlot jagung di Kec. Bulu ini paling luas yaitu sekitar 2 hektar, kami harapkan program ini bisa dilaksanakan secara kontinyu dan berkesinambungan,” tutup Dandim.

Hadir dalam acara sebagai diantaranya bapak Hadi Pramono (Kepala Bidang Tanaman pangan, Holtikultura dan perkebunan dinas Pertanian Kab. Sukoharjo), Widyanto Setya W, S.STP, M.M (Camat Bulu), Kapten Inf Suharno (Danramil 03/Bulu), Banuari, S.H (Kapolsek Bulu), Kapten Czi Hartono (Pjs Pasiterdim 0726/Sukoharjo), Kepala Desa Se Kecamatan Bulu serta anggota Saka Wira Kartika 15 orang.

(Agus Kemplu)