Lokakarya Stunting, Peltu Elfi Wandri Harapkan Penurunan Sunting di Marpoyan Damai

 39 total views,  1 views today

PEKANBARU-Global Investigasi News.Com, Percepatan penurunan stunting terus digesa di kecamatan Marpoyan Damai hal tersebut perlu dilakukan untuk menuju anak yang menderita dapat hidup dengan layak.
Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara sistematis dan dapat dimengerti oleh berbagai pihak yang terlibat dalam pengentasannya.

Dalam hal ini maka diadakan lokakarya mini tingkat kecamatan Marpoyan Damai yqng bertempat di Aula kecamatan di Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru lokakarya tersebut dibuka oleh Camat Marpoyan Fauzan,S.STP,M.SI. didampingi oleh Danposramil Marpoyan Damai Peltu Elfi Wandri dan Kanit Binmas Polsek Bukit Raya Iptu Nasution dan Kapus Garuda dan Kapus Simpang Tiga.

Camat Marpoyan Damai dalam pengantarnya, Rabu (28/12/22) Stunting adalah kondisi kurang gizi kronis yang ditandai dengan tubuh pendek pada balita. Anak yang mengalami stunting akan terlihat pada saat menginjak usia 2 tahun. Seorang anak dikatakan mengalami stunting apabila tinggi badan dan panjang tubuhnya minus 2 dari standar Multicentre Growth Reference Study atau standar deviasi median standar pertumbuhan anak dari WHO.

Pada kesempatan yang sama Danposramil Peltu Elfi Wandri saat ditanya awak media menyampaikan kepedulian kita semua terhadap penderita stunting dan itulah bagaimana kita menyusun perencanaan baik itu kegiatannya, penganggarannya kemudian pengawasan serta pengendalian agar semua kegiatan yang ada dapat tepat mengarah ke penurunan angka stunting karena hal ini tidak bisa dikerjakan oleh satu OPD saja tapi harus bersama sama kita memusatkan kegiatan.

Ada Beberapa objek yang harus kita jadikan focus yaitu Pencegahan pernikahan dini guna mengurangi angka keturunan stunting, Pencegahan stunting dengan memaksimalkan pola asuh anak dalam keluarga, Pengoptimalan peran kader KB dalam usaha pencegahan dan penanganan stunting , Pemanfaatan petunjuk pengolahan makanan yang tepat sebagai bahan pangan sederhana dan murah dalam usaha pencegahan stunting, Penambahan pengetahuan tentang stunting, Usaha peningkatan gizi. “Ucapnya”

“Tujuan pertemuan ini adalah untuk menguatkan sinergi dan kepedulian tim percepatan penurunan stunting dalam rangka koordinasi dan evaluasi terhadap stunting kompetensi yang dilaksanakan oleh OPD terkait baik secara serentak, terprogram maupun lintas sektor”Jelasnya.(lbs)