2500 Peserta Ikuti Jalan Sehat Kemenag Sergai Serta Penandatanganan Deklarasi Damai Umat Beragama

 31 total views,  1 views today

SERDANG BEDAGAI,Ginews tv investigasi com-Masyarakat umat beragama rukun upaya mewujudkan Indonesia maju. Kementerian agama (Kemenag) kabupaten Serdang Bedagai menggelar acara jalan sehat kerukunan dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) ke 77 tahun dengan tema, kerukunan umat untuk Indonesia hebat, Sabtu (14/1), di lapangan MAS PPQ Al-Wasliyah Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

Adapun isi dari, Deklarasi Damai Umat Beragama yakni : Kami tokoh lintas agama, pemuda lintas agama, dan ASN Kementerian Agama, dalam rangka Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-77 Tahun 2023 menyakan untuk.

  1. Memperkuat komitmen kebangsaan untuk merawat kebhinekaan yang menjadi anugerah terbesar bangsa Indonesia.
  2. Mengukuhkan gerakan moderasi beragama untuk seluruh umat beragama guna mewujudkan kehidupan sosial yang rukun dan harmonis.
  3. Menghindari segala bentuk ujaran kebencian, berita bohong, dan tindakan yang dapat mengakibatkan pembelaan sosial akibat polarisasi politik.
  4. Berkomitmen untuk tidak menggunakan rumah ibadah sebagai tempat kampanye atau aktifitas politik praktis sebagaimana larangan yang tertuang dalam Undang-Undang Pemilu.

Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Sergai Zulkifli Sitorus saat diwawancarai mengatakan, sebanyak 2500 peserta mengikuti jalan sehat kerukunan. Target kegiatan ini, sebenarnya ingin menanamkan kepada masyarakat kita melalui jalan sehat kerukunan ini, betapa besarnya harga sebuah kerukunan, untuk membangun harmonisasi umat beragama khususnya dan juga masyarakat pada umumnya.

Lanjutnya, yang kedua ini sudah memasuki tahun politik, pesan Pak Menteri Agama, jangan sampai ada lagi yang menggunakan agama ini sebagai alat politik. Kita ingin menyampaikan bahwa kerukunan umat beragama ini sangat mahal sebagai modal pembangunan. Apabila ini sudah terpecah hanya kepentingan-kepentingan sesaat, kepentingan politik di tahun politik ini, ini bisa memecahkan persatuan bangsa.

Saat ditanya bagaimana strategi membuat Sergai rukun beragama, Ustadz Zulkifli Sitorus menjelaskan, bangun komunikasi dengan tokoh-tokoh agama, terus lakukan sosialisasi moderasi beragama, Desa sadar kerukunan sudah kita bentuk di seluruh Kecamatan, pokoknya guru-guru di Sergai sudah kita berikan muatan moderasi beragama agar guru tersebut dapat menyampaikan kepada muridnya.

Ketika disinggung apakah di Sergai pernah terjadi ketidak rukunan beragama, Kakan Kemenag Sergai mengungkapkan, kalau di Serdang Bedagai ini mudah-mudahan tidak ada, aman. Karena kita sejak awal sudah membangun komunikasi dengan baik.

“Kita berharap semoga kita makin sehat dan terus semangat membangun kerukunan beragama. Istimewanya di Kabupaten Serdang Bedagai ini, HAB waktunya berdekatan dengan HUT Kabupaten Serdang Bedagai,” ujarnya usai melepas jalan sehat kerukunan.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Kabupaten Serdang Bedagai, Sekdakab Sergai Faisal Hasrimy mengucapkan, selamat mengikuti jalan sehat kerukunan semoga umat beragama di Kabupaten Serdang Bedagai tambah rukun. Mudah-mudahan bisa mewujudkan Serdang Bedagai yang mandiri sejahtera dan religius.

“Semoga jalan sehat kerukunan ini, memiliki dampak besar bagi kita semua untuk terus bersama menjaga hidup rukun dan saling mencintai antar sesama,” ucap Sekda dihadapan ribuan peserta jalan sehat kerukunan.

Hasil pantauan dilapangan Wartawan, sebelum dilepas jalan sehat kerukunan turut diadakan tanda tangan deklarasi damai umat beragama yang ditandatangani oleh Kakan Kemenag Sergai, Bupati Sergai, Tokoh agama Islam, Tokoh agama Kristen, Tokoh agama Hindu, Tokoh agama Buddha, Tokoh agama Khonghucu, FKUB Sergai.

Usai dilakukan jalan sehat kerukunan para peserta juga dihibur dengan lucky draw dan diiringi hadiah bagi yang mendapatkan rezeki, tentu sambil mendengarkan musik. Peserta yang mengikuti tampak saling bahagia, itu artinya kerukunan beragama di Sergai akan selalu terjaga.,(Suyanto)