Truk Paving Blok Terguling Dan Tabrak Mobil di Rel Kereta Batu Tulis, Ini Penyebabnya

 36 total views,  1 views today

KOTA BOGOR – Satu unit truk pengangkut paving blok terguling di Jalan Danansasmita, persisnya di perlintasan rel kereta api Batu Tulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, hari ini.

Akibatnya paving blok yang dibawa oleh kendaraan Mitsubishi Truck Nomor Polisi A 8767 YX berhamburan ke jalan dan menutupi rel sebelah kanan.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso menjelaskan, truk yang dikemudikan oleh Uget (51) itu terguling sendiri. Terjadi sekitar pukul 05.30 WIB.

“Saat itu Kendaraan Mitsubishi Truck No. Pol A 8767 YX (mengangkut paving blok) datang dari arah Batu Tulis menuju Pamoyanan. Ketika melintasi Jalan Danansasmita,terguling,” kata Kombes Bismo kepada wartawan di lokasi kejadian, Sabtu (14/01/2023 .

Orang nomor satu di Polresta Bogor Kota Polda Jabar ini menambahkan, di duga truk mengalami masalah pada pengereman sehingga tidak terkendali dan terguling.

“Terjadinya Backfeeding pada sistem rem truk jenis hidraulic (hidraulis), dimana kampas rem mengalami panas berlebihan, yang juga disebabkan oleh beban angkut yang berat dan berada di turunan jalan,” ucap Bismo

“Hal ini yang membuat truk hilang kendali dan terguling di atas rel kereta. Kampas rem adalah komponen tahan panas, tetapi tetap ada batasnya,” sambungnya.

Truk lantas menabrak Kendaraan Nissan Livina nomor polisi F 1844-EN yang datang dari arah Cipaku menuju Batu Tulis.

Akibat kejadian tersebut Kendaraan Nissan Livina No Pol F 1844 EN mengalami kerusakan pada bagian depan dan samping kanan.

Sementara itu tidak ada korban dalam kejadian ini. “Untuk korban nihil,” pungkas Bismo.

Sumber : Humas Polresta Bogor Kota

E. Permana