777 Mahasiswa/i IAIN Metro Meraih Gelar Kesarjanaan

Metro
GinewstvInvestigasi.com
IAIN Metro kembali menyelenggarakan Wisuda Sarjana Strata 1 dan Strata 2 periode II tahun akademik 2022/2023, Kamis (23/03/2023).

Kegiatan yang berlangsung di halaman kampus 1 ini diikuti sebanyak 777 mahasiswa yang terdiri dari 34 mahasiswa pascasarjana dan 743 mahasiswa strata satu yang secara antusias mengikuti prosesi sidang Senat terbuka wisuda.

Selain mahasiswa yang diwisuda, mereka juga diperbolehkan membawa satu pendamping untuk duduk dalam gelanggan selama prosesi, setelah sebelumnya kurang lebih 6 kali wisuda berlangsung tanpa kehadiran wali dikarenakan pandemi covid 19.

Terkait pelaksanaan wisuda yang berbeda dari tahun sebelumnya, Ketua pelaksana Prof. Dr. Suhairi melalui sambungan telepon menyampaikan “yang agak berbeda dengan wisuda sebelumnya adalah karena kondisi yang sudah mulai normal, ujarnya.

Maka memungkinkan kita untuk menghadirkan orang tua walaupun dibatasi hanya satu orang karena masih dalam konteks masa transisi”, ujar beliau.

Lebih lanjut beliau menyampaikan harapan terhadap para lulusan, “Harapannya lulusan kita bisa berkompetisi di dunia kerja, walaupun bukan semata terpaku menjadi PNS, tetapi akan lebih baik jika dapat berwirausaha sehingga tidak menambah panjang daftar pengangguran”.

Di kesempatan yang sama, dalam sambutannya, Rektor IAIN Metro Dr. Siti Nurjanah, M.Ag menyampaikan rasa bangga dihadapan wisudawan dan segenap tamu undangan atas capaian prestasi yang telah ditorehkan mahasiswa IAIN metro satu tahun terakhir, ”

Mahasiswa kita mampu meraih medali emas di bulan Juni kemarin, juara 1 kompetisi video pendidikan se-Indonesia bulan Februari, juara lomba menulis essay, juara Kompetisi Peradilan Semu Nasional, dan masih banyak lagi”.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan terkait perkembangan lembaga yang dipimpinnya, ”Dalam suasana yang dipenuhi oleh rasa bahagia dan syukur ini, untuk kebangkitan Institut Agama Islam Negeri Metro menuju UIN Jurai Siwo Metro yang berprestasi dan bereputasi.

Dalam satu tahun terakhir, jumlah Guru Besar IAIN Metro bertambah. Tahun ini, kami beriktikad melakukan program akselerasi Guru Besar” demikian ujar beliau yang tak selalu lupa memberikan pantun diakhir sambutannya.

Wisuda yang juga disiarkan secara live streming ini juga dihadiri perwakilan Gubernur Lampung, perwakilan Wali Kota Metro, kolega juga segenap pengurus alumni IAIN Metro yang dikukuhkan pada hari itu. (LK)