Musrenbang Distrik Arso Timur Kampung Kikere, Ka Distrik: “Kebutuhan Riil Harus Jadi Prioritas”

Keerom,globalinvestigasinesw.com –
Kegiatan Musrenbang di aula pertemuan Distrik Arso timur Kampung Kikere yang di laksanakan pada Hari Selasa tanggal 07 Maret 2023, Pukul 10:15 WIT hingga selesai Pukul 15:30 itu, di awali dengan sambutan Kepala Distrik Arso timur, Bapak Matias Melawan.

Di awal pembukaan dalam sambutan Kepala Distrik, dirinya menyampaikan bahwa, betapa pentingnya pertemuan musrenbang distrik, yang tiada lain bertujuan menyelaraskan pandangan dengan menitik beratkan pada program usulan pemerintah kampung yang sejalan dengan kebutuhan masyarakat.

Disamping itu, mendorong dan memotivasi kerja aparatur kampung dengan lebih giat, demi tercapainya tujuan bersama dari visi misi Bupati Keerom, Piter Gusbager S.Hut, MUP.

” Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) distrik Arso timur adalah salah satu tahapan perencanaan pembangunan yang menyerap aspirasi masyarakat dari berbagai kampung untuk diusulkan pada 2024 sesuai prioritas daerah. Juga untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas atau bottom up planning,” kata Ka distrik.

Ia mengatakan, tujuan Musrenbang distrik adalah untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan kampung yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah distrik yang di pimpinya.

“Musrenbang juga untuk menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah distrik berdasarkan tugas dan fungsi SKPD Kabupaten Keerom,” urai Ka distrik.

Ia juga mengakui ada sejumlah program prioritas yang menjadi topik pembahasan Musrenbang 2023. Sektor program yang jadi prioritas adalah, Pendidikan, Kesehatan, Pembangunan infrastruktur dasar, Pemberdayaan ekonomi masyarakat, Perumahan, Pertanian, Keagamaan, Sosial Budaya, Peningkatan Ketrampilan Tenaga kerja, dan bidang lainya.

” Usulan aspirasi dari masyarakat berbagai kampung yang dipercayakan kepada pemerintah kampung akan kami teruskan ke pemerintah kabupaten untuk menjadi perhatian pada 2024,” harap Matias Melawan (Ka distrik)

Perlu diketahui, kegiatan musrenbang Arso Timur itu di buka oleh Kepala Bapeda mewakili Bupati Keerom dengan membacakan sambutan Bupati Keerom, yang mana isinya ia meminta agar pembahasan usulan program 2024 bisa lebih selektif dan mengacu kepada kebijakan strategis daerah dan visi misi Bupati yang religius berkarakter dan berbudaya.

Hadir disana:

  1. Kepala Bapeda Keerom
  2. Kadis Perumahan Pertanahan Kab Keerom
  3. Ketua Komisi B DPRD Keerom
  4. Ketua Komisi C DPRD Keerom
  5. Dinas Perbatasan
  6. Dinas PUPR Keerom
  7. Dinas Pendidikan Kab Keerom
  8. Asistensi Bapeda Keerom
  9. Dinas Lingkungan Hidup ketahanan Pangan dan Perikanan Keerom
  10. Kapolsek Arso Timur
  11. Danramil Arso
  12. Satgas Panugasan Batalyon 756
  13. Kepala Kampung, Sekretaris Kampung dan Ketua Bamuskam serta Ketua PKK dari 9 Kampung se Distrik Arso Timur. (Nando)