KADES NANA SETIANA SOSOK BERJIWA AMANAT
DAN RESPEK TERHADAP PEMBANGUNAN YANG ADA DI DESANYA

Kuningan, Global Investigasi News
Untukpemimpinpadaekplanasiini yang tidaklain Nana Setianamerupakanpemimpin yang mempunyaitujuan, dialebihmenitikberatkanmenggapaikemampuanmenyadarkankepadawarganyauntukberpartisipasiaktifpadasegalaranahpembangunan yang berlangsung. Nana setianasekaranginimerupakankepaladesaTarikolotKecamatanCibeureumKabupatenKuningan, kepemimpinannyabisadikatakansedikitbicaranamunbanyakbekerja, di sukamengajakmembangundesatanpamengguruidanseakanlebihberartinamunprinsipnyamajubersama, “beratbersamadipikul, ringansamadijinjing; itulahkeyakinanfilosofi yang di miliki.
Sepintaswujudpembangunan yang ada di DesaTarikolotKecamatanCibeureumKabupatenKuninganiniadalahwujudpembangunanfisik material, karenamisalnyasekarangtelahdilaksanaakanpembangunankantordesadanruangserbaguna, tapiada yang lainnya, jalanlingkungandanjalandesajugadibangunsangatbagus.
Nana setianamerupakanKadesbetulsekalisepintasmemangwujudpembangunanfisik material adala yang diutamakan.Sejatinyatidakdemikian, wujudpembangunan yang ada di desatarikolotmerupakanwujudpembangunan integral jadiadalahpembangunanfisik material sekaliguspembangunan mental spiritual, hanyasajawujudpembangunan mental-spiritual jikakitainginmeneropongtentumenggunakanteropongyagkhusus. Kepemimpinan Nana Setiana yang menonjoladalahmampumemberikanmotivasi yang besardanmemberikanpengarahan yang jelaskepadawargadesa agar setiappotensi yang adabisadikembangkan, dengandemikiantidakmustahilpartisipasiaktifdariseluruhelemenwargadesabisadiakomodirdandidayagunakan.Sesungguhnyakebijakan yang diterapkanoleh Nana Setianamerupakancitradarikepemimpinan yang tepatguna, mengertimasalahdanmengatasimasalah yang ada didesa agar akselerasipembangunan yang ada di desanya relative memperolehkeberhasilandanwargadesadalamtahaptertentucepatmemperolehkesejahteraan. DesaTarikolotmempunyaiperangkat 11 orang dandeaTarikolotselalugiatmembangun.DesaTarikolotsedangmengerjakanpengerjaanpembangunanfisikdarianggarandanadesa, antara lain rabatbetondanlatasirjalan di 2 dusun yang dikerjakansangatcepatkarenasesuaiJuklakdanJuknisnya.
DesaTarikolotKecamatanCibeureum yang dipimpinolehKades Nana Setianadibantuolehperangkatdesalainnya; KasiePem, SekretarisDesa, KasieEkbang, KaurKeuanganmenitikberatkansertamenyadarkanwargauntukberpartisipasiaktif di segalaranahpembangunan yang berlangsung di DesaTarikolotKecamatanCibeureum.
Kepemimpinan Nana Setianapatutdiberikanapresiasiolehwarganyasertamasyarakatnya, kepawaiannyapatutdiacungkanjempol (Rajak).
Kegiatanpembangunan 100% riuljalanDusun I danDusun II untukwujudpembangunandariDesaTarikolotmasihdikawasankecamatanCibeureum, di sini Nana Setianamerupakansosokkepaladesa yang sukamengada-adaatauucapantakberdasar . jikakiniwujudpembangunan di DesaTarikolotmerupakanperpaduandari Pembangunan fisikmatrialdanpembangunan mental-spiritual, Nana SetianasebagaiKuwu/KepalaDesaTarikolotselalumengutamakandanmenjunjungkinerja yang bagussebagaiwujudpengabdiannya. Jugapermasalahan yang lainsepertipembangunansumberdayamanusialewatsenitidakdiabaikan. (M. Ikbal Saputra)