Masih Dalam Nuansa Lebaran, Babinsa Koramil 05/Sail Halal Bihalal di Kelurahan

PEKANBARU -Global Investigasi News.Com, Salah Satu tradisi umat muslim di Indonesia khususnya dalam nuansa lebaran Idul Fitri adalah Halal Bihalal untuk saling bermaaf – maafan. Layaknya yang dituangkan oleh Babinsa Koramil 05/Saili Kodim 0301/PBR Serda Mansyur menyambangi warga binaannya guna berjabatan tangan sekaligus mempererat ikatan simpul silaturahmi bertempat di aula kelurahan Sukamulia Jl.Hangtuah Kec.Sail,Sabtu (29/4/2023).

Menurut Serda Mansyur, sebagai seorang Babinsa menjalin hubungan silaturahmi dengan elemen masyarakat bertepatan di Hari Fitri sangatlah penting. Pasalnya, warga binaan sudah seperti kerabat dekat atau keluarga sendiri.

“Halal Bihalal ini sudah menjadi adat tradisi bagi umat muslim di setiap momen lebaran. Dan ini sangat baik karena sesama Kita akan saling memaafkan yang muaranya dapat menumbuhkan kembali rasa kekeluargaan. Dengan berjabatan tangan, maka akan mencairkan hubungan emosional agar lebih harmonis lagi kedepannya”, ucap Babinsa

Hal senada juga dilontarkan oleh Danramil 05/Saili Kapten Cba Y. Zebua yang mengatakan bahwa wadah Halal Bihalal tersebut sangatlah fundamental yang inti sarinya untuk saling memaafkan atas segala kesalahan maupun kekhilafan yang sempat tertanam selama ini.

“Dengan adanya  Halal Bihalal yang dilakukan oleh Babinsa sekiranya dapat menciptakan hubungan silaturahim yang harmonis dengan segenap elemen warga binaannya. Sehingga, Babinsa bisa membangun sinergi dengan masyarakat yang muaranya akan terwujud hubungan dialogis yang ideal serta damai dan sejahtera dengan ikatan Ukhuwah Islamiyah. Terlebih lagi sebagai insan manusia tidak luput dari kekurangan, maka dengan anjangsana seperti ini bisa mencairkan segala kesalahan yang sempat beku”, pungkas Danramil.(lbs)