Lapas Dompu Ikuti Sosialisasi Ukuran Baseline Indeks Kepatuan P3DN dan Pengisian Aplikasi

 74 total views,  1 views today

Globalinvestigasinews.com.Dompu.NTB.

Jajaran Lapas Dompu yang di pimpin Kalapas mengikuti secara serius kegiatan Sosialisasi Pengukuran Baselane Indeks Kepatutan P3DN dan pengisian Aplikasi tahun anggaran 2023 secara virtual/ zoom metting.

Hal ini merujuk Surat Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Nomor PE.12.00/Und-261/D2/01/2023 tanggal 8 Mei 2023 tentang Pengukuran Baseline Indeks Kepatuan P3DN dan Identifikasi Area of Improvement pada K/L Mitra Kerja Deputi Bidang PIP Bidang Polhukam PMK, Kamis (11/05/2023) mulai sekitar pukul 10.30 Wita sampai selesai yang bertempat di ruangan Kalapas Dompu.

Giat tersebut dimaksudkan Kata Kalapas Dompu, dalam rangka memperlancar dan menjaga kualitas pelaksanaan pengawasan tersebut serta untuk meningkatkan pemahaman dalam melakukan pengukuran Baseline Indeks Kepatuan P3DN dan pengisian aplikasi.

Tambah Halik sapaan akrab Kalapas Dompu, sejak awa acara kami dapat mengikuti dan menyimak dengan seksama giat virtual tersebut agar mendapatkan pemahaman dan informasi yang optimal sehingga dapat disampaikan kembali kepada seluruh jajarannya.

“Untuk mendukung pelaksanaan P3DN, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri yang di dalamnya mengatur mengenai kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN),”papar Halik pada awak media usai mengikuti kegiatan tersebut.

Selain itu, Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian juga menyebutkan adanya kewajiban untuk menggunakan produk dalam negeri di setiap pengadaan barang/jasa, khususnya tercantum pada Pasal 85, jelasnya.

Dengan demikian diharapkan agar proyek-proyek yang akan dilaksanakan dalam Pengadaan Barang/Jasa lebih banyak menggunakan bahan dan jasa dari dalam negeri.

“Dan TKDN harus ditempatkan sebagai kebijakan strategis yang harus dijalankan secara konsisten dan bertanggung jawab, tandasnya.

Rangkaian giat zoom metting mulai dari awal sampai akhir acara berlangsung aman dan lancar sebagaiman yang di harapkan, pungkas Kalapas Dompu. Jurnalis, Rdw/ddo.