“DIDUGA TANPA PAPAN INFORMASI, PROYEK PEMBANGUNAN DRAINASE DI KECAMATAN DOLOK MASIHUL ?!”

 192 total views,  7 views today

Sergai – Ginewstv Investigasi.com. Pekerjaan proyek pembangunan saluran Drainase di Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai di Duga proyek siluman.

Pasalnya, pekerjaan proyek yang sudah berjalan sekitar satu minggu tersebut, tanpa ada papan Informasi yang di pasang di lokasi pekerjaan proyek.

Hal ini menimbulkan pertanyaan besar, dan sekaligus menjadi sorotan warga juga awak media, Bahwa proyek yang di bangun menggunakan anggaran Pemerintah itu di duga proyek siluman.

Sebab sama sekali tidak bisa di ketahui asal usulnya dari mana, Besar anggaran berapa, volume berapa, serta CV apa yang mengerjakan.

Bahkan siapa petugas dari Dinas terkait Yang di tugaskan Untuk Melakukan Pengawasan Sama Sekali Siapa nama nya tidak di ketahui.

Salah satu warga setempat menyebut bahwa Proyek Drainase itu bersumber dari Proyek Kabupaten Serdang Bedagai.

“Coba tanya saja dengan R, karena dia yang punya proyek itu” Cetus warga kepada awak media,Rabu 10/05/2023.Sekira pukul 10:26 Wib.

Saat awak media konfirmasi kepada R melalui WhatsApp nya, R mengarakan ke inisial A kepada awak media, Jumat (12/05/2023) pukul 15:46 Wib.

Kemudian awak media mencoba menghubungi A, melalui via telepon nya, namun A mengaku kepada awak media Sedang berada di Sei Rampah. Jumat (12/05/2023) Pukul 15:53 Wib.

Proyek yang di kerjakan tanpa menggunakan papan informasi itu, indikasinya bisa sebagai trik untuk tidak transparan kepada publik. agar tidak ter monitoring besar anggaran dan sumber anggaran dari mana.

Padahal, dalam Undang – Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 dan perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, dimana mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang di biayai negara wajib memasang papan nama proyek.

Dan papan proyek memuat jenis kegiatan lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

Hingga berita ini di terbitkan belum juga ada papan informasi proyek terpasang. Padahal pemasangan papan informasi proyek merupakan implementasi azas transparansi sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan. (MYN)