“WISATA DAM BETUK BERTAHUN -TAHUN TERBENGKALAI, PEMDES TAMBANG BARU BERHARAP KEPADA PEMERINTAH AGAR MENYERAHKANNYA UNTUK DIKELOLA ?!”

Demi untuk menambah penghasilan Desa,Pemdes Tambang Baru Kecamatan Tabir Lintas Kab Merangin berharap kepada Pemda Merangin untuk menyerahkan Wisata Dam Betuk yang berada di wilayahnya untuk di kelola sepenuhnya oleh Desa agar menjadi aset Desa.

Mengingat Wisata Dam Betuk yang sudah bertahun – tahun terbengkalai karena tidak terawat,bangunan yang ada semua sudah rusak dan hancur serta sekitar Dam Betuk sudah menjadi semak belukar.

Saat Awak Media GinewsTVInvestigasi melakukan wawancara dengan Kades dan perangkatnya terkait dengan Wisata Dam Betuk yang berada di wilayahnya,mengapa pihak Pemdes membiarkan dan tidak mengelola wisata tersebut?

Mersat sebagai Kades Tambang Baru Kec Tabir Lintas Kab Merangin dan perangkatnya menjelaskan bahwa Dam Betuk tersebut bukan milik Desa,Dam Betuk itu milik Pemda,walaupun berada di wilayah Desa Tambang Baru.

Saat awak media bertanya,mengapa pak Kades tidak menemui Pemda atau mengajukan surat permohonan agar supaya taman wisata itu benar-benar menjadi aset milik desa? kan bisa menjadi Penghasilan Desa!!sayang kan kalau wisata itu di biarkan menjadi semak belukar.

Kades Mersat menjawab,”Pernah,tapi harus banyak yang di temui,seperti Dinas Perikanan,Dinas Pariwisata dan Dinas PU”.jadi sepertinya ribet sekali karena harus banyak yang di temui,saya malas pusing”!!.

Pak kades buat saja surat ke Bupati,yang di tembuskan ke DPRD,Gubernur dan Ketua DPR provinsi kalau perlu tembusan ke Presiden,agar Taman wisata Dam Betuk yang berada di wilayah yang bapak pimpin menjadi hak milik dan di kelola oleh Desa sepenuhnya,supaya menjadi Penghasilan Desa.Kan sayang Dam Betuk yang menjadi wajah dan kebanggaan Desa Tambang Baru di biarkan saja.

“Sebelum saya menjadi Kepala Desa,Kades – kades sebelum saya sepertinya juga sudah pernah berusaha meminta ke Pemda,tapi jawabnya harus di kontrak atau sewa.Bagaimana mau ngotrak atau menyewa,wong semua bangunannya sudah hancur,tepian dan jalanya sudah menjadi belukar dan juga airnya sangat keruh,kecuali pihak Pemda memperbaiki semua,baru bisa di sewakan atau di kontrakan”jawab kades.

Apa harapan Pemdes dan masarakat Desa Tambang Baru kepada Pemerintah?

“Saya sebagai kepala Desa dan masarakat semua,sangat berharap kepada Pemerintah,baik Daerah,Provinsi dan Pusat,agar supaya Bendungan Dan Betuk yang berada di Desa Tambang Baru Kec Tabir Lintas Kab Merangin,di serahkan ke Desa sepenuhnya.
Apabila Wisata Dam Betuk itu sudah di serahkan sepenuhnya,tentunya kami akan kelola dengan sungguh – sungguh supaya bisa menjadi wisata yang indah dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.
Selain itu warga Desa Tambang Baru ini bisa mempunyai penghasilan tambahan serta Pemdes Tambang Baru ada penghasilan Desa.bersambung.

(Kahono/Kaperwil Jambi GlobalTV Investigasi)