Budaya  

DALAM RANGKA MELESTARIKAN ADAT ISTIADAT, DESA TAMBANG BARU MENGGELAR ACARA “SEDEKAH BUMI”

Ginews TV Investigasi.Com..Patut diteladani, Desa yang didiami oleh berbagai suku,ternyata masih kental dengar adat dan istiadatnya.

Salah satunya Desa Tambang Baru Kec Tabir Lintas Kab Merangin.Bagi penduduk Desa Tambang Baru,Adat adalah suatu peraturan yang di buat oleh para tokoh – tokoh pada saat dimulainya berdirinya Desa atau kampung,Agar penduduknya selalu dalam lindunganNYA dan Desanya di jauhkan dari gangguan dari luar maupun dari dalam.

Untuk itu para sesepuh dan Tokoh-tokoh pada saat dimulainya pemerintahan baru (Desa) mengadakan Adat Sedekah Bumi atau dengan sebutan lain Bersih Desa.

Selain Para Pejabat pemerintahan desa,hadir juga Camat Tabir Lintas beserta Stap dan Babinkamtibmas dan Babinsa dalam acara Sedekah Bumi Desa Tambang Baru.

Kepala Desa Muhamad Mersad dalam sambutanya menyampaikan,Bahwa Penduduk Desa Tambang Baru sangat menjunjung tinggi Adat Istiadat.Adat yang bersendikan sarak,Sarak bersendikan Kitabullah.

Jadi untuk melestarikan Adat,setiap tahunya Pemdes dan masarakat mengadakan acara Sedekah Bumi atau Bersih Desa,adapun acara yang di gelar pada saat sedekah bumi adalah melakukan selamatan atau kenduri yang di hadiri oleh seluruh masarakat Desa selanjutnya di tampilkan seni budaya untuk masyarakatnya.

Harapan Kades sebagai orang nomor satu di Desa,agar para generasi penerus tidak melupakan Adat dan budaya yang ada di Desa Tambang Baru Sampai kapanpun.

(Kah/Kaperwil Jambi Ginews)