Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Tampil Berikan Materi Dalam Pelatihan Linmas Desa Batuwarno

Wonogiri – Dalam rangka meningkatkan kapasitas anggota Linmas, Pemerintah Desa Batuwarno menggelar bimbingan teknis dan pelatihan peningkatan kapasitas Hansip/Linmas, yang bertempat di balai desa, Jum’at(16/6/23).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kasitapem Kecamatan Yayan Prihastanto, Kepala Desa Batuwarno Djarot Kristanto, Babinsa Desa Batuwarno Koramil 06/Batuwarno Sertu Kus Endri, anggota Polsek Batuwarno Aipda Yulianto.

Pada pelatihan dan pembinaan Linmas diberikan beberapa materi yang terkait dengan pengamanan, pertahanan, ketertiban, dan aspek-aspek dalam mengatasi masalah tindakan kriminal maupun non kriminal diwilayah masing-masing, serta penanganan bencana.

Tujuan kegiatan ini adalah agar Linmas memiliki kapasitas yang baik di dalam menjalankan tugas menjaga ketentraman wilayah. Selain itu, kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dibidang pengamanan dan pertahanan, guna menjalankan tugas dan kewajiban sebagai Linmas sehingga kedepannya lebih baik.

Kegiatan Pelatihan diakhiri dengan latihan Baris Berbaris bagi anggota linmas yang dipandu Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Babinsa dalam kesempatan tersebut menjelaskan, materi pembinaan dan pelatihan yang disampaikan yaitu tentang tugas pokok Linmas. Selain itu, diberikan pengetahuan dan pelatihan dasar baris-berbaris.

“ Pembinaan dan pelatihan Linmas dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan Linmas di masing-masing Desa. Harapannya Linmas bisa membantu melaksanakan tugas, serta mendukung tugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam pengamanan kegiatan “, ucapnya.

Sementara itu Danramil Kapten Inf Suraji membenarkan kegiatan yqng dilakukan oleh salah satu anggota Babinsanya dengan turut dalam pemberian materi dalam kegiatan pelatihan Linmas.

Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan sebagai wujud Sinergitas TNI-Polri dengan Perangkat Desa dalam pembinaan terhadap masyarakat,

(Arda 72).