Berita  

Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto Secara Resmi Membuka Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Cabang Karate 2023 di GOR Rudy Resnawan

Banjarbaru, Kalimantan Selatan, pada Jumat (25/8).

Hari ini 25/8/23 Hadi Tjahjanto didampingi oleh Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, yang juga dikenal sebagai Paman Birin dan Ketua Umum FORKI Kalimantan Selatan.

Dalam acara pembukaan Pra PON ini, turut hadir tokoh-tokoh penting seperti Ketua DPRD Kalimantan Selatan Supian HK, Komandan Korem 101 Antasari Brigjen TNI Ari Ariyanto, Kadispora Kalimantan Selatan Hermansyah, dan Ketua KONI Kalimantan Selatan yang diwakili.

Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa cabang karate akan diwakili oleh 190 atlet pada PON XXI yang akan berlangsung di Aceh dan Sumatera Utara. Setiap cabang lomba, baik perorangan maupun beregu, akan memiliki 10 atlet terbaik, sehingga total mencapai 190 atlet sesuai dengan kuota yang tersedia.

Hadi Tjahjanto berharap agar semua daerah dapat meloloskan atletnya ke PON XXI dengan kompetisi yang fair dan sportif. Dia juga mengingatkan atlet untuk mematuhi kode etik dan menghormati keputusan wasit.

Paman Birin dalam sambutannya berharap bahwa pada babak kualifikasi PON XXI cabang karate ini akan muncul juara-juara sejati. Juara sejati, menurutnya, adalah atlet yang tidak hanya mahir dalam bertanding, tetapi juga memiliki nilai-nilai seperti kejujuran, prestasi tinggi, sopan santun, dan kendali diri.

Babak Kualifikasi PON XXI 2023 ini akan berlangsung dari tanggal 25 hingga 27 Agustus 2023, diikuti oleh kontingen dari 30 provinsi di Indonesia. Pra-PON Karate ini akan digelar di GOR Rudy Resnawan Banjarbaru dengan menggunakan empat tatami atau matras sekaligus, melibatkan sekitar 102 wasit juri, dan memiliki 15 kategori pertandingan yang beragam.

Para juara karate yang terpilih akan mewakili Indonesia dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2024 yang akan diadakan di Aceh dan Sumatera Utara.(aman/ yuday)