Berita  

“Sumber Air Bersih Warga Sukanagara – Carita Dilanda Kekeringan !!”

Pandeglang Minggu 27 Agustus 2023.

Warga Desa Sukanagara Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang, yang kesehariannya mengandalkan aliran air dari sumber air untuk memenuhi kebutuhan air bersih, pada di musim kemarau yang saat ini melanda, warga semakin kesulitan air bersih.

Dengan menggunakan selang kecil yang disambungkan pada tiap masing – masing kediaman warga dari sumber air yang berada di kampung Cikupa daerah perbukitan desa tersebut.

Di saat cuaca kemarau seperti saat ini, air sumberpun hanya nampak seperti tetesan air yang dijadikan rebutan oleh warga dan sangat jelas membutuhkan Sarana Air Bersih (SAB).
Seperti halnya yang dikatakan Kusnadi kepada wartawan.

selaku warga Desa setempat saat dikonfirmasi ” bisa dilihat langsung Pak , sebentar ke lokasi, jelas itu banyak selang – selang air menuju rumah warga, pada selang yang banyak itu jalur selang itu terbagi ke masing – masing RT, tapi jika kondisi cuaca saat ini airnya ga ada, berkurang, bahkan bergilir kaya rebutan gitu, karena hanya mengandalkan keluarnya air dari mata air atau sumber tanpa ada bantuan alat juga penampung dari pada ujung pusat sumbernya” ungkap Kusnadi kepada awak media.

selaku Warga Desa Sukanagara, Minggu (27/8/2023).
Ditempat berbeda, keterangan Kusnadi selaku warga dibenarkan oleh Jaskari saat dikonfirmasi wartawan sebagai Kepala Desa Sukanagara Carita “iya kang perkataan warga itu benar adanya seperti itu kondisi saat ini, jangankan musim kemarau, saat musim penghujan pun sumber air dan pengaturan air untuk jalur – jalur pipa atau selang ke rumah – rumah warga sangat dibutuhkan yang lebih baik, untuk jalur air yang menggunakan selang itu swadaya warga saat ini . imbuhnya.

sementara di Desa Sukanagara ini jarang yang memakai sumur galian” terang Jaskari kepada wartawan membeberkan.

Selaku kepala Desa ia mengharapkan adanya sebuah perhatian dari pemerintah daerah dan pusat untuk kebutuhan warganya “sangat terlihat jelas kan dilokasi sumber air jalur airnya kering, bahkan terlihat batu batunya tidak terendam air saking musim kemarau ini , maka drngan itu saya berharap adanya bantuan program baik dari Pemda Pandeglang, maupun itu dari Provinsi atau pusat berupa sarana air bersih yang layak , atau dengan Contoh seperti di Desa – desa lain dapatkan sebelumnya seperti Pamsimas itu,Tandasnya.

karena air itu salah satu kebutuhan pokok utama masyarakat setiap waktu, jelas sangat dibutuhkan” pungkasnya.

Penulis : JUYAMIN.