Berita  

Kompetisi Essay Dalam Mengisi Kemerdekaan di Ngudi Waluyo Tingkat SMA/SMK/MA se-Kota & Kab. Semarang Bersinergi Bersama Prodi Hukum UNW Semarang

SEMARANG_ Global INews Tv _ HUT Kemerdekaan Ke. 78 ini bukanlah hadiah dari Belanda, kemerdekaan ini tidaklah didapatkan dengan cuma-cuma, kemerdekaan ini adalah tetesan darah para pejuang bangsa. Hargailah hasil dari perjuangan orang-orang sebelum kita demi masa depan anak cucu kita, salah satu cara untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia adalah mengisi kemerdakaan dengan karya nyata”

Tahun ini 2023 peringatan HUT RI ke 78 Pandu Pembangun Masyarakat bekerjasama dengan Prodi Hukum Universitas Ngudi Waluyo (UNW) Semarang, aktivitas peringatan HUT kemerdekaan kali ini diisi dengan pelatihan Jurnalistik dan lomba menulis Essay Kompetition dengan dua kategori, katergori pertama diikuti oleh kontingen dari yayasan yayasan pendidikan dan sosial se jawa tengah /DIY dan kategori dua diikuti oleh para pelajar Sekolah Menegah Atas (SMA) se semarang raya.

Selain memperingati HUT RI yang ke 78, kegiatan ini juga sebagai ajang menjalin tali shilaturahim kerjasama dan bersinergi antar lembaga pendidikan, yakni PPM, Prodi Hukum Universitas Ngudi Waluyo Semarang, para pelajar Sekolah Menengah Atas se Semarang Raya dan kontingen dari yayasan pendidikan dan Sosial se jateng dan DIY binaan PPM Jawa Tengah, acara di laksanakan pada hari Sabtu 26/08/23.

Kegiatan seremonial memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 dipusatkan di Kampus Universitas Ngudi Waluyo di ruang A.2 2 Kegiatan tersebut dibarengkan dengan pelatihan Jurnalistik tingkat dasar bagi para pelajar dan kointingen yayasan yayasan se jawa Tengah, pengumuman dan serah terima hadiah juara menulis essay sekaligus pembinaan tentang materi jurnalistik ditinjau dari aspek hukum.

Hadir dalam acara tersebut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemprov Jateng di wakili oleh Retno Fitriani, S.Pd, dari Kesbangpol Pemprov Jateng diwakili oleh Dwi Arifyanto,SE, Dekan Fakultas Ekonomi, Hukum dan Humaniora Budiarti, S.Pd, M.Pd, Kaprodi Fak Ekonomi, Hukum dan Humaniora Dr. Arista Candra Irawati, S.H.M.H.Adv, Ketua PPWI Jawa Tengah Imam Supaat juga sebagai pemred Suara KPK, Ketua Pandu Pambangun Masyarakat Heru Antono S.Sos, Ketua divisi Hukum dan Juranlistik PPM Sudjadmoko,.S.Sos, siswa siswi SMA peserta lomba Se Semarang raya dan ibu-ibu wali siswa sebagai pendamping, himpunan mahasiswa Prodi Hukum Univessitas UNW Semarang, dan segenap kru panitia pelaksana..

Tujuan utama dilaksanakan kegiatan HUT RI ke 78 ini adalah guna mengingatkan kembali kepada generasi milenial tentang cinta kemerdekan dan cita tanah air yang dibuktikan dengan karya nyata, sebagaimana dijelaskan oleh ketua panitia Rochmad. “kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat terutama generasi milenial tentang pentingnya cinta tanah air dan bangsanya yang telah merdeka sejak 78 tahun lau” ungkap Rochmad,saat memberikan kata sambutan..

Selain itu dia mengingatkan bahwa mengisi kemerdekaan harus selalu menebar kemanfaatan bagi orang lain sebab itu merupakan amal terbaik “saya bertanya, kepada kalian semua siapa yang tahu apa tujuan manusia diciptakan oleh Allah, sesungguhnya manusia diciptakan oleh Allah adalah untuk mati, karena setiap manusia pasti mati, maka manusia harus tahu cara mati yang baik, untuk mati yang baik, manusia harus tahu cara hidup yang baik, dan sebaik- baik manusia hidup adalah manusia yang bisa memberi manfaat yag lain” Tambah Rochmad.

Di inisiasi oleh PPM dan Prodi hukum UNW kemudian mengajak kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai pihak serta instansi pemerintah Provinsi Jawa Tengah adalah upaya menyemarakkan dan meramaikan kegiatan di bulan Agustus tahun ini yakni memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 78.

Sambutan dan respon dari semua pihak luar biasa, yakni dari Dinas Pendidikan Kebudayaan dari dari Kesbangpol Pemeritah Provinsi Jawa tengah, terutama dari dekan dan Kaprodi Fakultas Ekonomi, Hukum dan Humaniora Universitas UNW Semarang, hal itu dibuktikan dengan apresiasi positif dengan memberikan fasilitas tempat acara lengkap dengan dukungan dari kru Himpunan Mahasiswa Prodi Hukum UNW.

Serah terima hadiah dan piala lomba bagi para juara menulis essay (karya tulis) secara berurutan diserah terimakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaa Pemerintah provinsi Jateng, oleh Kesbangpol, oleh Kaprodi fak Ekonomi, Hukum dan Humaniora UNW, dari Pandu Pembangun Masyarakat. Adapun juara juara lomba menulis essay antara lain: kategori satu tingkat pelajar, juara ke 1 diraih Mayang Anggi Pradita, SMA N 2 Semarang, juara 2 diraih Afifa Mehrunisa SMA Nasima Semarang, juara 3 Maisha Mouya Aaliyah Lathief, SMA Nasima Semarang, juara harapan 1 Atika Fitri, SMA N 2 Semarang, juara harapan 2 diraih Nabila Aisya Ramadhani/ SMA Multazam IBS Semarang, juara harapan 3 diraih Sri Widi Margiani. Dan katergori kontingen dari yayasan yayasan se Jawa Tengah dan DIY juara 1 diraih Wagino. Yayasan Salam Abadi Indonesia Banjarnegara, juara 2 diraihh Wahyudin Yayasan Salam Hakiki Indonesia Kebumen, dan jura 3 diraih Rahmat Muhidin dari Gunung Kidul. Usai acara seluruh peserta melakukan photo bersama dan . ramah tamah (Budi)