Diperkirakan 50 Ribu Meter Persegi Lahan Gambut Di Kecamatan Sadu Terbakar

 47 total views,  1 views today

Jambi-GlobalInvestigasinews.com2023/09/05
Kebakaran Hutan dan Lahan gambut (Karhutla), di Perbatasan antara Sungai Itik dengan sungai Jambat. Kecamatan Sadu Kabupaten Tanjab Timur terbakar
Diperkirakan seluas 50 ribu meter persegi.

Tim gabungan polres, koramil, BPBD, Damkar kecamatan dan masyarakat terus melakukan pemadaman api di lahan gambut agar tidak merambat dan meluas.

Kepala Badan BPBD Tanjab Timur, Helmi Agustinus, membenarkan kalau ada terjadi kebakaran hutan dan lahan di kecamatan sadu, pada pukul 12.00 wib senin 04/09/23 informasi di dapat dari pihak kecamatan sadu.

Petugas gabungan langsung diterjunkan untuk melakukan pemadaman api dengan mengambil air dengan mesin pompa di kanal-kanal yang masih tersedia air meski sudah memasuki musim kemarau.

Bahkan Satgas Udara BPBD Provinsi Jambi  Waterbombing juga diterjunkan untuk memadamkan api. Hingga saat ini petugas gabungan masih melakukan pendinginan di lahan tersebut,

Helmi Agustinus meminta masyarakat untuk tidak lagi melakukan kebiasaan lama membakar lahan gambut. Hingga saat ini Kabupaten Tanjab Timur sudah ada 13 kasus kebakaran hutan dan lahan.

“Kami sudah imbau masyarakat tidak lagi membakar lahan gambut”, ucapnya.(T111k).