Berita  

“DIDUGA OKNUM KETUA GAPOKTAN DI KAMPUNG SRIKENCONO BARU BUMINABUNG LAMPUNG TENGAH GELAPKAN PROGRAM BANTUAN UPSUS PAJALE TA. 2023 ?!”

Lampung Tengah
GinewstvInvestigasi.com
Masyarakat petani di srikencono baru mengeluhkan ulah dari Yulianto selaku ketua Gapoktan di kampung tersebut.

Pasalnya Sabtu 4 oktober 2023 saat tim media investigasi menelusuri ke lapangan menindak lanjuti tentang laporan masyarakat khususnya di kampung srikencono baru bumi nabung Lampung tengah.

Menurut laporan dari narasumber serta selaku masyarakat yang berada di kampung SKB tersebut mengatakan serta menjelaskan yang bahwasanya program bantuan padi jagung kedelai banyak para kelompok tani yang tidak menerima program bantuan tersebut ,,karena bantuan padi ,jagung ,kedelai ( pajale ) oleh ketua gapoktan Yuli di jual dan tidak di bagikan kekelompok tani yang ada di kampung tersebut .

Program upaya khusus (UPSUS) swasembada berkelanjutan sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan. UPSUS swasembada pangan difokuskan pada tiga jenis komoditas pangan utama yaitu padi, jagung, dan kedelai (PAJALE). Program UPSUS PAJALE bertujuan untuk meningkatkan produksi padi, jagung dan kedelai sehingga mencapai swasembada pangan secara berkelanjutan.

Kabupaten Lampung Tengah sebagai salah satu kabupaten yang menjalankan program UPSUS PAJALE.
Di Kecamatan bumi nabung merupakan salah satu daerah yang menjalankan program UPSUS PAJALE untuk kegiatan penambahan luas areal tanam baru (PATB) sehingga program bantuan pajale di Kabupaten lampung tengah dikecamatan bumi nabung khususnya di kampung Srikencono Baru mendapat respon yang sangat luar biasa dari masyarakat oetani khususnya .

Kegiatan PATB pajale mengarah pada penambahan luas tambah tanam baru. Kegiatan PATB pajale ini menunjang petani dalam budidaya Pajale karena terdapat bantuan sarana produksi pertanian berupa benih pajale sehingga Kegiatan dalam program upsus pajale tersebut memunculkan adanya respon petani dalam melakukan kegiatan usahatani Respon petani dapat berupa pengetahuan, sikap maupun perilaku petani yang berpengaruh penting pada pelaksanaan kegiatan PATB .

Namun sungguh sangat di sayangkan antusias dan respon baik daripara petani di kampung srikencono baru ini berubah drastis petani hanya bisa mengeleluh serta kecewa karena apa yang dinantikan dari program pemerintah ini khusus nya program upsus Pajale tidak dapat dirasakan oleh masyarakat kampung skb tersebut hal ini terjadi akibat ulah dari ketua gabungan kelompok tani ( gapoktan ) yulianto .karena program upsus pajale tersebut dari 100% yang di terima hanya 15-20% saja yang di terima ataupun yang sampai ke para petani dikampung skb ini yang lainnya di duga di jual oleh oknum ketua gapoktan ini.

Disaat ketua kelompok meminta bantuan benih tersebut yulianto mengatakan yang bahwasannya sudah habis,dan yang sangat bikin geram masyarakat disaat bantuan kedelai turun dan salah satu kelompok mau meminta namun yuli selaku ketua gapoktan mengatakan benih kedelai jika mau diambil kita mau minta foto bukti jika kedelai ini ditanam jika tidak maka tidak bisa diambil ,dan akan di tarik kembali kedinas ..sedangkan disaat bantuan kedelai ini turun memang pada saat musim kemarau sehingga para kelompok atau pun masyarat takut dan enggan mau meminta benih tersebut ,karena jika diambil mau hidup darimana mas bila musim kemarau begini sedangkan yuli harus minta bukti foto jika benih kedelai tersebut ditanam ,,namun cuaca begini kami ya gak mengambilnya..

Namun ada juga kompok ataupun masyarakat yang lain mencoba kembali meminta ke yuli namun yuli mengatakan habis ,,jadi kemanakan benih tersebut jika tidak dijual oleh yuli.. sedangkan jika di tarik oleh dinas kembali tentunya kami selaku warga tau ..dan diperkuat juga dari ucapan yuli yang mengatakan bagaimana gak kita jual benih pajale tersebut uang dari mana untuk mondar mandir sana sini ,untuk beli gula bikin teh kopi yang kita kasih kepara tamu jika kunjungan kesini jika saya tak menjual benih pajale ini ungkap salah satu warga yang enggan ditulis namanya yang menirukan kata kata yuli.

Dari rangkain aduan serta keterangan dari narasumber Dapat kita menilainya yang bahwasannya Bagaimana mau maju untuk pertanian di kampung ini sedangkan oknum ketua gapotannya seperti itu.
Dari dari ulah yuli ini selaku ketua Gapoktan dikampung srikencono baru ini negara merugi puluhan hingga ratusan juta rupiah serta Masyarakat khususnya kampung srikencono baru yang sangat dikecewakan dan dirugikan oleh yuli selaku ketua gapoktan ini.

Dari ulah serta Akibat perbuatannya yuli ini , diduga telah melanggar peraturan pemerintah yang mana disini yuli diduga telah memperjual belikan barang milik negara yang mengakibatkan kerugian bagi negara dan masyarakat.

( tim )