Berita  

Kegiatan Rutin Ekstrakurikuler Pramuka SD Negeri 014 Sibabat Setiap Hari Selasa

Gelobal Investigasi News
INHU – Gerakan Pramuka Indonesia merupakan organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan yang dilaksanakan diluar lingkungan pendidikan formal.

Pramuka bertujuan untuk membina dan mengembangkan karakter generasi muda Indonesia agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa, berjiwa Pancasila, cerdas, terampil, dan peduli sosial.

Pramuka adalah salah satu ekstrakurikuler wajib bagi pendidikan jenjang Sekolah Dasar.

SD Negeri 014 Sibabat menjadwalkan kegiatan pramuka setiap hari Selasa termasuk seluruh SD di Kwarran Kecamatan Seberida. Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa dan siswi mulai dari kelas satu sampai kelas enam.

Kegiatan Pramuka di SD Negeri 014 Sibabat diikuti oleh peserta siaga laki-laki dan perempuan. Sedangkan untuk tingkat Penggalang fokus dibidang keagamaan. Hari Selasa merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh siswa dan siswi SD Negeri 014 Sibabat.

Kegiatan pramuka yang diadakan di halaman SD Negeri 014 Sibabat membuat siswa dan siswi antusias sekali mengikuti rangkaian kegiatan tersebut, walaupun cuaca yang sangat panas, tetap terpancar jiwa semangat dari semua siswa.

Kegiatan pramuka SD Negeri 014 Sibabat diawali dengan upacara pembukaan upacara latihan pramuka, untuk petugas setiap minggu bergantian. Hal ini diharapkan agar siswa dan siswi dapat berani tampil di depan umum, ujar Kepala SD Negeri 014 Sibabat, Tri Wiharyanti S.Pd SD, Selasa (27/2) saat ditemui.

Setelah upacara selesai, kegiatan selanjutnya yakni latihan baris-berbaris dengan dilatih oleh kakak-kakak Pembina yang berasal dari dewan guru. Khusus untuk Penggalang fokus kebidang keagamaan yang berlangsung di Musalah SD setempat.

Kata Tri Wiharyanti, nanfaat mengikuti kegiatan Pramuka sangatlah banyak, baik bagi individu maupun masyarakat, beberapa manfaat mengikuti kegiatan Pramuka diantaranya mengajarkan banyak nilai-nilai luhur, seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kerja sama, kepedulian sosial, dan cinta tanah air. Nilai-nilai ini penting untuk membentuk karakter siswa dan siswi yang tangguh dan bertanggung jawab.

“Kegiatan pramuka juga mengajarkan berbagai keterampilan, seperti keterampilan bertahan hidup di alam, keterampilan berorganisasi, dan keterampilan kepemimpinan. Keterampilan-keterampilan ini penting untuk menghadapi tantangan hidup siswa dan siswi di masa mendatang. Dan masih banyak manfaat lainnya dalam kepramukaan ini,” tutupnya.(sw/Tm)