Berita  

H. SUWARTONO SUSANTO, SP., MS KADISBUNAK PEMKAB BATOLA, SEMUA SAPI DARI BATOLA TELAH DINYATAKAN ASUH (AMAN SEHAT UTUH DAN HALAL)

Batola – GINEWS TV COM

Giat yang di Laksanakan oleh Disbunnak Kab.Batola tersebut untuk Monitoring Ketersedian ternak dan Kesehatan hewan juga untuk memastikan ketersediaan hewan qurban menjelang hari raya Idhul Adha 1445 Hijriah, Kamis (13/06/3024).

Dalam hal ini menurut keterangan dari Kepala Dinas Perkebunan & Peternakan Kabupaten Barito Kuala H Suwartono Susanto SP MS, ada Upaya – upaya yang sudah dilakukukan oleh Dinas Perkebunan & Peternakan (Disbunnak) Batola.

“Yaitu,monitoring ketersediaan jumlah sapi potong dan melaksanakan penandaan/identifikasi untuk sapi-sapi yang baru datang dari luar daerah namun belum memiliki ear tag identik PKH.” Terangnya.

Lanjutnya, juga melaksanakan koordinasi dengan pelaku usaha / distributor maupun paguyuban peternak sapi penggemukan untuk menjamin persaingan usaha yang wajar.

Ia, mengatakan lagi terkait dengan Kesehatan Hewan dan masyarakat Veteriner ada pemeriksaan kesehatan hewan rutin terhadap ternak yg masuk ke wilayah Kab.Batola khususnya untuk persiapan kurban.

“Pemeriksaan fisik sblm dan sesudah pemotongan kurban (post mortem dan ante mortem), Juga membentuk tim untuk pemantauan dan pemeriksaan hewan kurban selanjutnya membuat surat edaran terkait tempat pemotongan hewan.” Kata H Suwartono.

Menurutnya, untuk saat ini kebutuhan akan hewan qurban di kabupaten Batola cukup lumayan yakni untuk hewan qurban sapi sekitar 955 ekor, Kerbau 18 ekor Dan untuk kambing sekitar 105 ekor.

“Untuk jumlah ketersediaan hewan qurban di kabupaten Batola pada saat ini, untuk sapi ada sekitar 2415 ekor, 71 ekor kerbau dan 43 ekor kambing.” Sudah berkriteria “ASUH ( Aman,sehat,utuh dan Halal) Tutur Tono panggilan akrab untuk KADISBUNAK pemkab Batola ini.

Ketersediaan hewan qurban tentu sudah sangat cukup di kabupaten Batola ini, Yang pasti sebelumnya kami telah melakukan pemeriksaan ke lapak-lapak atau penjual sapi dan kambing.” Tutup H.Suwartono. (Wawan/yuday)