Berita  

Peduli Lingkungan, KJJT Banyuwangi dan Pokdarwis Pawon Jaya Tanam Puluhan Cemara di Pantai Wonosari

GIN JATIM
BANYUWANGI
Komunitas Jurnalis Jawa Timur (KJJT) wilayah Banyuwangi bersama Pokdarwis Pawon Jaya, sukses menggelar aksi penanaman sekitar 50 bibit pohon cemara di Pantai Wisata Wonosari, Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi, pada Sabtu (15/6/2024) pagi. Aksi penanaman ini dilakukan secara bergotong royong, melibatkan KJJT Banyuwangi, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pawon Jaya, serta masyarakat setempat.

Kegiatan yang bertujuan menjaga kelestarian alam ini, dilakukan di sekitar pantai dan jalan akses masuk wisata. Hal ini sebagai bagian dari komitmen KJJT untuk peduli lingkungan, selain menjalankan tupoksi mereka dalam edukasi dan peningkatan kualitas SDM jurnalis.

Ketua Pokdarwis Pawon Jaya, Alvian Hidayat menyampaikan apresiasi tinggi atas inisiatif KJJT dan berharap kegiatan serupa dapat terus berlangsung untuk menjaga kelestarian alam di Banyuwangi.

“Kami sangat mengapresiasi rekan-rekan KJJT Banyuwangi yang bersinergi dengan Pokdarwis Pawon Jaya. Kedepannya, sinergi ini diharapkan dapat terus berlanjut untuk memajukan wisata Pantai Wonosari. Ini sangat positif, jika lokasi wisata bagus, pastinya dapat mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar,” ujar Alvian.

“Harapannya, lebih banyak komunikasi dengan teman-teman jurnalis untuk menyampaikan informasi kepada warga Banyuwangi maupun luar kota tentang potensi wisata di Pantai Wonosari Sobo ini, yang tidak hanya menawarkan wisata alam tetapi juga edukasi dan sport,” sambung Alvian.

Sementara Ketua KJJT Banyuwangi, Ricky Sulivan, berharap agar 50 bibit pohon cemara yang ditanam dapat tumbuh subur dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Sebelumnya kami sampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik dari Pokdarwis Pawon Jaya Pantai Wonosari Sobo dan masyarakat sekitar. Alhamdulillah, kegiatan awal ini berjalan lancar meskipun baru menanam 50 pohon cemara. Kami ingin kegiatan nyata yang bermanfaat bagi masyarakat. Selanjutnya, kami akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang bergerak dalam kegiatan pelestarian alam agar gerakan kami lebih efektif,” ungkap Erick, sapaan akrabnya.

Erick menambahkan bahwa, kegiatan ini menunjukkan langkah nyata KJJT Banyuwangi dalam mendukung pelestarian lingkungan, sekaligus mempererat kerjasama dengan komunitas lokal untuk mengembangkan potensi wisata daerah.

“Dengan semangat gotong royong, upaya ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kelestarian alam dan perekonomian masyarakat sekitar,” pungkas Erik.

Pewarta maski