Berita  

Gubernur Paman Birin Dalam Rapat Kòordinasi Bersama KPK Tegaskan Komitmen Pemprov Kalsel untuk Memberantas Korupsi

Banjarmasin,Global investigasinewscom

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin menyampaikan komitmen yang kuat Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam mendukung upaya pemberantasan korupsi, khususnya di sektor pelayanan publik.

Hal tersebut beliau sampaikan pada Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi di Provinsi Kalsel di Mahligai Pancasila Banjarmasin pada Kamis (27/06/2024).

Disampaikan Paman Birin, upaya pencegahan korupsi merupakan langkah proaktif yang lebih efektif dan efisien dibandingkan tindakan represif. Melalui pendekatan pencegahan, dapat membangun sistem yang lebih kuat, transparan, dan akuntabel, sehingga celah-celah yang berpotensi menimbulkan praktik korupsi dapat diminimalisir sejak dini.

Beliaupun mengapresiasi kepada KPK atas komitmen yang luar biasa dalam mendukung pembangunan di Kalsel. Kehadiran KPK bukan hanya sebagai bentuk pengawasan, namun mitra strategis dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi.

Komitmen KPK ini ujar Paman Birin tercermin dalam berbagai program dan inisiatif yang telah dilaksanakan di Kalsel, mulai dari pendampingan sistem pencegahan korupsi hingga pelatihan dan edukasi anti-korupsi bagi aparatur pemerintah dan masyarakat.

Upaya ini telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan integritas dan transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kalsel.

Dalam kegiatan ini, dilakukan penyerahan sertifikat barang milik daerah yang diterima oleh Gubernur Kalsel, Walikota Banjarmasin, Walikota Banjarbaru, Pj Bupati Tapin, Bupati Banjar, Pj Bupati HSS, Bupati HST, Bupati HSU, Bupati Balangan, Bupati Tabalong, Pj Bupati Tanah Laut, Bupati Tanah Bumbu, Bupati Kotabaru, dan Pj Bupati Batola.

Kemudian, dilakukan penyerahan sertifikat tanah melalui program PTSL secara simbolis dari Kementerian ATR/BPN kepada Ahmad Dainuri dan Fadli dari Desa Akar Baru, Syakhrisada, Ayu Sunarti, Florentina Kartika Rizal, dan Suroto.

Setelah itu, diserahkan piagam penghargaan kepada pemerintah kabupaten kota di Kalsel.( Yuday)