Berita  

H. Mery Apriansyah Lega Karena Organisasi APDESI yang Dinahkodainya Sudah Terdaftar di Kesbangpol Pemkab Batola

Marabahan,Global investigasi newscom.

H.Mery yang akrab disapa, merasa lega sebagai Ketua DPC.Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kab.Batola, karena hari ini bisa bersilarurrahmi ke Kesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) mendaftar dan mengonfirmasi keberadaan DPC.APDESI Kab.Batola bertempat di Kantor Kesbangpol Kab.Batola Jln. Melati Kelurahan Ulu Benteng Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala Prov.Kalsel. Senim, (15/07/2024).

Hal ini (Mery Apriansyah) dalam keteranganya,sesuai dengan PERMENDAGRI No. 57 Tahun 2017 tentang Pendaftaran dan Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan), DPD APDESI sudah terdaftar di Kesbangpol Proc.Kalsel, di Susul dengan DPC- DPC Apdesi yang ada di 11 Kabupaten, dan Seluruh harus terigister dan wajib.

DPC.APDESI Kab.Batola, telah melangkah maju dengan mendaftarkan keberadaan organisasinya ke Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Selatan.

“Langkah ini bukan tanpa alasan, melainkan didorong oleh latar belakang dan tujuan yang jelas untuk meningkatkan peran serta organisasi dalam pembangunan di daerah.” Ungkapnya.

“DPC APDESI Kab.Batola, yang merupakan bagian dari organisasi penggerak dibidang sosial dan pemulihan, menyadari pentingnya kerjasama resmi dengan pemerintah melalui Kesbangpol untuk mencapai tujuan-tujuan yang lebih luas.”Kata Kades di Tatah Mesjid Kab.Batola ini.

H.Mery Apriansyah,menambahkan, Latar belakang DPC Apdesi Kab.Batola mendaftar dan mengkonfirmasi keabsahan organisasinya ke Kesbangpol tidak lain adalah untuk memperkuat legitimasi serta mendapatkan akses lebih luas dalam berkarya dan berkontribusi pada masyarakat Khususnya di Kabupapaten Barito Kuala.

“Alhamdulillah kami hari ini baru saja bersilaturrahmi ke Kesbangpol Kab.Barito Kuala di Temani Seketaris dan juga Bendahara DPC.Apdesi Kab.Batola, untuk mendaftarkan Organisasi APDESI di Kab.Batola, Marabahan dengan Perlengkapan administrasi yang sudah cukup,”

H.Mery, mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar besarnya kepada Kesbangpol Barito Kuala yang menerima dengan baik kunjungannya yang sangat mendukung dengan adanya organisasi desa, dalam mendukung dan membangun desa demi kemajuan Kab.Batola.

“Terimakasih tidak terhingga atas sambutan kedatangan kami dan juga ribuan ucapan terimakasih untuk Bapak Suyud Sugiono,S.IP. MA, Kepala Dinas Kesbangpol Kab.Batola dan selamat menduduki jabatannya yang baru.” Tuturnya

Di dampingi dua Pengurus DPC.Apdesi Kab.Batola lain, Nasruddin (Sekretaris) dan Mardiana (Bendahara).Ia, menyampaikan, anggota DPC.APDESI Batola sudah ada anggota di 17 Kecamatan.

“Alhamdulillah 99% di setiap desa sudah tergabung di APDESI dari 195 Desa yang ada di PKD masing masing di Kab.Batola.”

H.Mery, berharap dengan APDESI terdaftar di Kesbangpol Batola agar administrasi Pemerintahannya terpenuhi dan punya Dasar hukum yang jelas.

“Apalagi nanti kami ke depannya akan meaudensi setiap kegiatan kegiatan event besar, apa lagi sesaat ini akan ada Pilkada serentak, kami mau nanti ada audensi calon calon Bupati dan Wakil Bupati Barito Kuala ini.”

“Maka atas dasar itu lah kami sebagai organiasi desa (Apdesi) mengaudesi Calon untuk kemajuan dan kesejahteraan desa, dan mana yang benar benar berpihak kepada kami DPP.APDESI, DPD.APDESI DPC.APDESI dan Kec DPK anggota seluruh pemerintahan desa.”

Di kesempatan yang sama, Nasruddin (Sekretaris DPC.APDESI Batola) juga berharap kepada Pemerintah Daerah atau pun di DPRD Kab.Batola agar supaya APDESI selalu di libatkan dalam rapat setiap pembahasan Perbub atau Perda.

“Kami sangat berharap Pemerintah Daerah Kab.Batola, dalam setiap Rapat pembahasan terutama berkaitan dengan Desa, karena ujung tombak desa ini (Kades) adalah pelaksana, sedangkan peraturan di buat oleh DPRD dan Kepala Desa tidak di ikutkan dalam hal itu.” Harapnya.

Mudah mudahan untuk ke depan, di ikut sertakan untuk membahas segala macam berkaitan dengan desa, terutama dengan pembahasan tentang APBDES, kami yang kerja di lapangan sedangkan peraturanya ‘Orang’ yang membikin sementara kami tidak tahu.” Tutup Kepala Desa Anjir Muara Lama ini.

Kembali, H.Mery Apriansyah berpesan Kepada kepala desa dan masyarakat Kab.Batola, jangan ada konstestansi politik yang memecah belah persatuan di Batola.

“Untuk Pemilu Damai Pilkada 2024, saya atas nama Pemerintahan Desa sekaligus Ketua DPC.APDESI Kab.Batola, menyarankan, menginformasikan Kepada rekan rekan, kawan kawan semua senasip sepenanggung Kepala Desa, agar kita tetap bersatu jangan sampai adanya Konstestansi Politik kami kami kepala Desa berpecah belah, “

“Artinya jangan sampai nantinya kami saling bermusuhan antar kepala desa, harapan kami SATU dalam Kesatuan Batola Maju melainkan sebaliknya dengan adanya pilkada Batola kita akan semakin mesra.

Dan semoga Pilkada langsung ini,tetap berlangsung aman damai dan kondusip harapannya seperti pemilu yang sudah sudah.

Ditempat terpisah kami wartawan konfirmasi ulang dengan Kesbangpol Pemkab Batola, langsung diterima oleh Suyud yang akrab disapa ,membenarkan bahwa hari ini Senen telah datang ketua APDESI Kabupaten Barito Kuala bersama Sekretaris dan Bendahara menghadap kami dengan membawai Bundalan berkas supaya organisasi yang sedang dinahkodainya terdaftar di Kesbangpol seperti organisasi lainnya yang telah dahulu terdaptar itu langkah yang sangat baik sekali apalagi organisasi APDESI ini sudah terdaptar di Kementerian dalam negri pungkas Suyud pada awak media ini kemaren (yuday)